Favourite Kuliner at Bandung

Well,, sebenernya gw bukan termasuk orang yang sering banget wisata kuliner, ke tempat makan sini hari ini trus ke tempat makan berikutnya besoknya, hehe. Tapi, yaah selama 3,5 tahun eksistensi gw di Bandung (hahah) gw cukup tau lah beberapa tempat makan terenak (menurut perut gw) yang ada disini (maksudnya daerah Bandung utara of course, yang deket2 ITB ajah). Jadi, inilah daftar tempat2 makan favorit gw yang ada di Bandung. Gw bikin daftar ini lebih untuk menjadi reminder gw terhadap Bandung, secara gw tinggal 6 bulan lagi menikmati masa kuliah (amiin). FYI, seperti yang sudah gw blg sebelumnya pengalaman kuliner gw tidak begitu banyak, jadi klo ada tempat makan enak tapi gak gw sebutin, berarti karena gw blom pernah ke tempat situ, huehuehue…

1. Iga Bakar Jangkung Cipaganti, jelas gw suka sekali iga bakarnya yg disajikan panas2 itu (hmm…T-O-P B-G-T)

2. Bebek Van Java, bebek dan sambelnya yang pedes (banget) itu loh yang bikin gw selalu ngiler membayangkannya…

3. Javanese Steak (bener ga sih gw nulisnya?), steak enak dengan harga murah terjangkau untuk mahasiswa dan anak kosan, hahahah..

4. Clemmons, terutama yang di daerah Mambo dan Sentra Kampus, karena porsi steak ayamnya bener2 kelewatan (ngeliat aj udah bikin kenyang)

5. Colombo, menu favorit adalah nasi uduk dan ayam bakar

6. Warung Cemar, my fave adalah jelas gulainya, plus parunya juga enak

7. Bebek Borromeus, udah bebek, enak, murah lagi, mahasiswa banget dah!

8. Tamansari 21, klo disini, gw senengnya ama sambelnya (klo makan ayam bakar / goreng) yang menurut gw enak banget

9. Ayam Cobek Cisitu, gw lupa nama resmi tempatnya, pokoknya yang di pengkolan Cisitu itu

10. Serabi Mini di Setiabudi (seberang Enhai), gw ga gitu tau tempatnya persisnya dimana (coz katanya ada 2 yg jual serabi di daerah situ) secara baru 1 kali, hehe

11. Es Krim Goreng samping Bebek Van Java, this is the only place that I ever visited which sells es krim goreng, yang menurut gw es krim gorengnya emang enak (awalnya ga percaya gitu masa ada sih es krim tapi digoreng?? Hahahah..)

12. Madtari, secara banyak keju disini, gimana gak suka?

13. Bubur Mang Oyo, gw cuma suka bubur di Bandung (klo yang di Jakarta, pake kuah kuning gitu, gw ga suka) dan menurut gw bubur Mang Oyo mang enak dan kentalnya juga pas. Ini adalah terutama menu gw (menu teraman) klo lagi sakit diare, abis bingung klo diare harus makan apaan.

14. Kantin Borju ITB, semenjak kantin tambang ditiadakan, inilah kantin favorit gw di kampus, hehehehe… suka ama jamur goreng (jareng) – nya, ha9)

Jadiii, klo ada yang ngajak gw ke tempat2 di atas itu, gw pasti gak sanggup untuk menolak. Ada juga beberapa tempat makan yang katanya enak, berdasarkan sumber terpercaya yaitu Shelly (si ratu kuliner yang sudah menjelajahi segala macem tempat makan), seperti Nasi Goreng Kambing di Asia Afrika, Sop Kaki di deket Madtari (lupa nama tempat dan daerahnya), dan beberapa tempat makan di Ciumbeuleuit (susurin aj sepanjang daerah ini, banyak makanan enak, tapi sayang gw jarang ke daerah itu, jadi ga gitu tau persisnya tempat makan yang mana, hehehe). Other recommended places (yaitu tempat2 makan enak juga yang patut dicoba, walaupun bukan termasuk favorit gw, tapi sangat mungkin merupakan favorit orang lain) :

1. Mie Jawa (Dipati Ukur)

2. Gampoeng Aceh

3. Warung Nasi Ampera (warung bukan sih namanya??)

4. Warung Steak & Shake (mirip seperti Javanese Steak, tapi sedikit lebih mahal, that’s why I choose Javanese Steak, dasar otak anak kosan)

5. MCCF (lupa singkatannya apaan, CF yg terakhir klo gak salah adalah ‘Chinese Food’ ya?)

6. Botram

7. Bebek Darmo (klo ga salah gitu y namanya, yang deket taman lalu lintas lah pokoknya)

8. Nasi Goreng Solo Balubur (menurut lidah gw sih enaknya biasa aja, tapi banyak orang recommend tempat ini, mungkin karena porsinya yang sangat wah dengan harga murah kali yaaa…hmm..)

Mohon maaf sebesar2nya klo ada kesalahan penulisan, heheheh…

3 thoughts on “Favourite Kuliner at Bandung

  1. Pingback: Favourite Kuliner in Bandung (part 2) « A Life's Journey of Hanifah

Leave a Reply

