New Jajanan Unik di Bandung

Bandung memang kota yang memiliki jajanan unik yg banyak, yg jarang bisa ditemukan di kota2 lain (salah satu dari sekian banyak alasan saya cinta Bandung). Sebut saja lumpia basah, es shanghai, martabak bolu, batagor kuah dan masih banyak lagi, sodara-sodara. Selama ini yang saya sering beli adalah pisang karamel (yg di gerbang belakang ITB dan dekat Sabuga) dan pisang pontianak (pisang kremes berbagai rasa).

Nah, akhir2 ini, saya mendengar nama2 jajanan baru yg lagi nge-trend di Bandung. Apakah itu?

1. Tahu Brintik
Ga kebayang kan apa itu tahu brintik? Jadi, tahu brintik itu adalah tahu Sumedang yang digoreng dengan tepung, lalu dikasih mayonaise dan saus tomat (hmm kurang tau y sebenernya itu saus apa, yg jelas sausnya pedas & manis gitu). Biasanya selain tahu brintik, penjual juga menjual tahu stick mayo (tahu digoreng tepung juga,tapi berbentuk seperti balok panjang menyerupai stick lalu diberi bumbu rempah, mayonaise, dan saus tomat), tahu kribo, tahu botak (karena bentuknya bulat seperti bola, lucu kan?). Harganya sangat terjangkau (terutama untuk anak kosan macam saya) dan mengenyangkan. Spot yg saya tahu yaitu di depan gerbang SR ITB dan Gramedia.

Tahu Brintik

Tahu Brintik

Tahu Stick Mayo

Tahu Stick Mayo

2. Jamur Crispy
Ya, seperti halnya tahu brintik, jamur crispy ini digoreng juga pake tepung. Biasanya klo mau beli jamur crispy ini harus ke daerah (pasar) Kings dulu, tapi sekarang makin banyak yg jual, dan di belakang ITB udah ada tuh. Rasanya bermacam-macam juga lho. Hmmm.. gurih dan enaaak…

Jamur Crispy

Jamur Crispy

3. Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo aslinya berasal dari Makassar. Saya baru coba sekali di Cisitu kemarin. Bahan utamanya adalah pisang yang dipotong2 dan diselimuti oleh semacam adonan tepung gitu berwarna hijau. Kamudian, diberi es batu, baluran vla coklat atau vanila atau strawberry (de el el), kacang, dan meses. Saya dan teman2 saya cuma suka yg rasa coklat, yg paling enak.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

4. Kentang Arab
Entah kenapa sekarang cemilan jadi serba crispy semua. Seperti yg satu ini, kentang yang (again) digoreng menggunakan tepung. Nah, yg ini jujur, saya belum pernah nyoba. Tapi akhir2 ini banyak anak yg suka dan recommend. Hmm.. knapa disebut kentang Arab? Bisa nebak karena apa? Apakah….
A. karena yg jual selalu orang Arab,
B. karena kentangnya diimpor langsung dari Arab,
C. karena gerobaknya dari Arab,
D. karena digoreng pake minyak goreng dari Arab.

Mau tau jawabannya?? Kita tanyaaa penjualnya. Hahaha, karena saya blom pernah nyoba jadi ya tidak tahu… :)

Jajanan-jajanan khas seperti inilah yg pasti akan saya kangeni jika saya meninggalkan Bandung suatu saat nanti. Jadi, sebelum saya meninggalkan Bandung, saya berniat mencari tahu jajanan2 apa lagi yg unik ada di Bandung yg bisa saya makan. Selamat jajan! :)

CATATAN PENTING: Walaupun rasanya enak, beli jajanan2 seperti ini tetap butuh kewaspadaan kita. Terutama bgt untuk yg jajanan gorengan. Perlu dilihat apakah minyaknya berwarna bening atau coklat kehitaman gitu. Karena akhir2 ini banyak penjual gorengan yang ”terlalu kreatif” turut memasukkan bahan plastik ke dalam wajan supaya renyahnya awet. Iya,memang terasa enak sekarang, tapi sekaratnya nanti klo udah tua. Jadi, tetap harus jajan yang sehat yaaaaa… (udah kya ibu2 lagi nasihatin anaknya,, hwehehehe).

Credits : thanx to Shelly-yang-sedang-gemar-jajan, si ratu kuliner, yg telah mengenalkan saya pada berbagai macam makanan di Bandung ini.. hehehe…

8 thoughts on “New Jajanan Unik di Bandung

  1. Sis, mo nanya… itu si pisang ijo nemu dimana? aku pengen pisang ijo yang kaya digambar.. selama ini di bandung nggak pernah nemu yang berKUALITAS. pisangnya diselimutin lembaran kulit dari tepung-bukan adonan tepung yang dikukus berbarengan dengan pisang seperti seharusnya-. Aku lagi nyari2, dan harga rasanya tidak terlalu bermasalah kalo memang benar2 seperti pisang ijo makassar.

    • wah banyak banget say… bubur bandung mang oyo, bebek boromeus, batagor kuah, iga bakar jangkung, dan masih banyak lagi. Tempat hunting dmana tmpt makan enak ngumpul tuh di cisitu, simpang dago, cimbeleuit, sama tamansari. Itu daerah deket2 kosan soalnya, hehe…

  2. pernah nyoba blm sistike manguwenth >>
    macem” sistike nya ada :
    *sistike rasa buaya putih
    *sistike rasa buaya siluman
    *sistike rasa buaya darat

  3. Asalamu’alaikum…
    salam kenal ya mba/mas…
    maaf mba/mas ikut promo yach . . . :)

    Di butik kami mngadakan ke-Agenan DROPSIT (NOL MODAL)lhooo…

    kami dari nahla fashion ingin menawarkan kerja sama untuk produk
    1.mazaya
    2.zenitha
    3.Qirani
    5.sik clothing
    6.Three-d celana+rok

    jika mba/mas berminat hubungi kami ya (Nahla care-Melia : 0856 228 7671)??
    atau chat ke YM kami (nahlafashion4@yahoo.com)….

    Ditunggu kerja sama nya.
    maaf mengganggu dan trima kasih (^_^)

    FB : riung_c13@yahoo.com
    FB fun page : http://www.facebook.com/kaosmazaya

Leave a Reply

