”SLUMDOG MILLIONARE” sebuah Film India yang Meraih Penghargaan…

Call me stupid, bukannya mengerjakan TA, gw malah nonton film di komputer gw. Parah, parah!! Awalnya gak tertarik, nonton sekedar peneman makan malam. Yaah, daripada nonton sinetron yg ewww banget bwt ditonton, mending nonton film yg lebih bermutu utk ditonton, true?? Gak tertarik karena sebenarnya ini film India, jadi pasti ada dansa-dansinya segala kan seperti seharusnya film India?? Haha.. Apalagi, I’m definitely not the biggest fan of India movies. Not at All…. Tapi, based on Sinta, film ini peraih golden globe award. Dan ternyata, tidak ada adegan menyanyi sambil menari di samping pohon sampe akhir film. Yah, tapi jelas ada sedikit musik2 India sebagai latarnya, but it’s not bad. They speak in English, too, jadi gak se-annoying nonton film berbahasa asing selain bahasa Inggris.

Slumdog Millionare

Slumdog Millionare

Judul filmnya adalah “Slumdog Millionare”. Pernah denger?? Jujur, gw blom pernah sebelumnya. Jadi, ceritanya ttg seorang anak lelaki yg miskin, gelandangan bisa dibilang, lahir dari sebuah keluarga muslim yang tinggal di perkampungan kumuh di India. His name is Jamal Malik. Istilah untuk anak2 miskin yg tinggal di perkampungan kumuh itu biasanya adalah ’slumdog’, gak tau kenapa. Jamal ini mengikuti sebuah acara kuis yg sangat terkenal di dunia, namun ini versi Indianya, yaitu kuis ”Who Wants To Be a Millionare”. Walaupun ada underestimasi, ternyata Jamal bisa memenangkan permainan hingga memperoleh 20 juta Rupee. Well, of course no one believes it! He’s just a slumdog, a chaiwalla (istilah untuk pelayan sepertinya di India), an uneducated person. Jadi, pada akhir acara kuis tersebut, Jamal akhirnya dibawa ke kantor polisi karena dicurigai telah berbuat curang alias cheating. Dia dipaksa mengaku dari mana dia tau semua jawaban itu. Akhirnya dia menceritakan kepada polisi yg menginterogasinya bagaimana dia bisa tau jawaban setiap pertanyaan. Secara satu persatu, sang polisi mengulang kembali tayangan kuis itu di depan Jamal dan meminta penjelasan. Ternyata, di setiap jawaban pertanyaan itu, ada kisah dibaliknya. Kisah perjalanan hidupnya dari masa ia kecil hingga saat itu. Secara tidak langsung, semua detail kehidupan dirinya pun terangkat. Bagaimana ibunya meninggal dibunuh karena mereka keluarga muslim, bagaimana ia kemudian hidup sebagai pengamen di jalanan, lalu mencuri barang2 milik turis, hingga akhirnya bekerja sebagai pelayan di salah satu perusahaan yg bergerak di bidang komunikasi. Cukup menarik untuk ditonton, hingga akhirnya niatan untuk menonton bentar aj (sampe makan malam gw beres) malah bablas penasaran nonton sampe filmnya abis. Alurnya juga bagus; masa kini, trus flash back, masa kini lagi, flash back lagi, dst. Menurut gw, memang pantas dapat penghargaan, selain krn ceritanya menarik, film ini dikemas secara apik, dan juga menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat India sebagaimana adanya. Gak kaya film di Indonesia yg kebanyakan hanya melulu cinta, hantu2 tapi gak serem, atau yg lagi marak akhir2 ini yaitu film dgn sex contents yang tidak bermutu dan tidak beredukasi sama sekali. Jadi ungkit2 perfilman Indonesia nih, dah kya kritikus film aj gw, haha.. Jadi, gw bisa bilang nih film layak lah ditonton. Tapi,, ada saran dari gw klo berniat nonton nih film, lebih baik jangan nonton sambil makan deh, kecuali lo punya perut yg cukup kuat (ada adegan yg pasti bakal bikin lo berkata ”Ewww…”, tapi itu di bagian awal film, dan cuma itu aja koq. Selebihnya ga ada, just a suggestion, hehe). Kesimpulan yg gw tarik setelah nonton film ini:

  1. Ternyata film India saat ini sudah lebih waras ya, gak perlu adegan menari-nari gak penting segala lagi sekarang (fiuh,, good thing!)
  2. Karena tidak bertele-tele, film India yg satu ini juga lebih pendek durasinya dari film2 India yg jaman dulu kita kenal. Biasanya dulu sampe 3 jam, film ini ternyata cuma 2 jam saja.
  3. Ternyata orang India benar2 menggerakkan kepalanya kaya boneka hiasan mobil yg pake per itu ya, kalo mereka mengatakan ”Ya”. Hahahaha,, lucu….

One thought on “”SLUMDOG MILLIONARE” sebuah Film India yang Meraih Penghargaan…

  1. menurut gw ini film bagus,cong.. cuman kl di gw sih kurang “ngena”.. ntah apa krn gw baru prtama kali ntn india..
    bagusnya ini film ga ky film2 barat yg pst ada adegan vulgarnya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s