Klo Kamu Mengalami Nyeri di Hari pertamamu… (Women Only..)

Gw semenjak kuliah, kira2 semenjak tahun kedua, sering sekali mengalami masalah nyeri haid di hari pertama menstruasi. Selama SMA gw ga pernah merasa punya problem seperti itu sebelumnya. Entah kenapa ini menjadi hal rutin bagi gw setiap bulannya sekarang. Bahkan bisa sampe parah banget, sampe2 muka pucat dan gw berdiri pun susah. Tapi, itu sangat jarang. Nyeri-nyeri itu sangat annoying bwt gw, apalagi klo lagi ada kegiatan or kuliah. Klo lagi di kosan, obat manjur gw utk menghilangkan sakit itu adalah tidur (dgn usaha keras memejamkan mata sampe tertidur), jadi pas bangun, sakit itu akan hilang. Klo lagi di luar kosan, yah apa daya. Tapi belakangan ini gw mencoba meminum Kiranti. Ketika ngerasa gak ngefek, gw mencoba pil Feminax. Tapi, yg namanya obat, ada bahan kimia, dan pasti ada efek samping kan? Apalagi ada isu bisa menyebabkan kista. So, I stopped drinking that medicine. Klo menurut kakak gw, bisa dicoba dgn minum pil yg terbuat dari bahan alami, yaitu pil Femona. But the price is not cheap. Satu strip harganya 30ribu, dan harus diminum seminggu sebelum hingga sesudah haid. Sehat itu memang mahal ya?

Tapi, akhirnya ada solusi yang bener2 murah untuk mengatasi problem gw ini. Berdasarkan sumber dari seorang teman, kalau kita sebagai wanita mengalami nyeri di hari pertama menstruasi setiap bulannya, berarti kita mengalami 3 hal di bawah ini :

1. Kurang olahraga,

2. Kurang minum air putih, dan 

3. Kurang kalsium.

Gw gak tau dasar teorinya dari mana, tapi jelas gw kekurangan tiga-tiganya. Jarang sekali olahraga, haha, susah bener bangun pagi. Air putih juga pasti kurang dari 8 gelas sehari. Kalsium… well, I never mind to think about it. Jadi, ketika gw tanya pada temen gw itu, syarat mana yg harus gw penuhi atau gw perbaiki. Dy bilang minimal salah satu dari 3 itu gw perbaiki. She was so sure about it that I believe her. Dy bilang dy pernah mengalaminya sendiri.

Gw kurang yakin langsung sanggup minum air putih 8 gelas sehari, jadi gw hanya bisa berjanji akan memperbesar frekuensi minum air putih. Untuk kalsium, I can’t guarantee it. Menurut Dr. Oz di Oprah Show, terlalu banyak kalsium bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sembilit, oleh karenanya, kalau mengonsumsi kalsium harus disertai dgn magnesium utk memperlancar pencernaan kita. Nah, gw kan ga tau makanan or minuman apa saja yg mengandung magnesium itu. Tapi, tadi gw ke minimarket and melihat produk susu Anlene, dimana di dalamnya terdapat kandungan kalsium & magnesium sekaligus (kok gw jadi kaya SPG???). Mungkin semua susu hi-calcium memang mengandung magnesium. Gw blom cek sih. You can try it. Tapi, masalahnya gw suka males bikin susu klo di kosan.

Jadiii…. the only most possible way adalah gw akan mulai meningkatkan OLAHRAGA secara rutin! Paling minimal, adalah perbanyak jalan kaki. Jadi, mulai sekarang klo pulang kampus, meski dari arah belakang kampus, gw akan berjalan kaki pulang ke arah depan. Kecuali lagi buru2, gw juga akan berangkat ke kampus dari kosan dgn jalan kaki. Selama 3 minggu terakhir ini gw juga mulai jogging minimal seminggu sekali. Gw bahkan pernah 2 kali jogging dalam seminggu. Gw bener2 niat nih, coz mumpung masih di Bandung, jadi bisa memanfaatkan fasilitas Sabuga dgn gratis dan deket pula dari kosan. Gw juga sedang memotivasi diri utk melakukan sit up setiap hari. Gw punya 2 motivasi nih. Selain utk mengurangi nyeri haid, gw juga termotivasi menguruskan perut gw yg membuncit, gara2 nafsu ngemil gw semenjak dari Jakarta menggila. Tapi, niat aj rasanya udah susan bener nih. But, I still won’t give up to do sit up.

Alhasil, ketika kemarin gw akhirnya menstruasi, di hari pertama, untuk pertama kalinya, gw TIDAK merasakan nyeri hingga merintih-rintih. Suer, ga boong. It WORKS!!! Yah, perut sih memang masih ngerasa agak terpilin, tapi tidak separah biasanya. Gw tdk sampe meringis2 menahan sakit tuh. Hehe… gw bener2 akan rajin olahraga nih. Atau, jgn2 ini cuma sugesti?? Ah, yg penting sehat lah. So, please, my friends… klo ad yg mau jogging, WAJIB KUDU MESTI ajak2 gw, OKAY….???

One thought on “Klo Kamu Mengalami Nyeri di Hari pertamamu… (Women Only..)

  1. Hi,
    Mbak, setahu saya paling mahal kalau satu strip cuma 23ribu deh, bahkan ada yang juga yg jual 20ribu, memang mbak beli Femona dimana?

    Salam,

Leave a comment