Era 90-an, Ingatkah Kalian?

Bermula dari perbincangan heboh yg dilakukan 5 mahasiswa di sebuah kantin setelah makan siang, saya menjadi ingat akan beberapa makanan dan permainan yg jaman SD dulu nge-booming banget. Mari kita list, hal2 apa saja yg disukai jaman kita waktu SD dahulu…. Sebelumnya, saya mohon maaf apabila ada kesalahan tulisan,, hehehe, maklum kan udah lama banget…

1. Makan mie Anak Mas. Ada rasa ayam, ayam bawang, dll. P.S : satu oknum berinisial MVS di antara salah satu kelima mahasiswa itu tidak tau yg namanya Anak Mas (set daaahhh)

anakmas3tp4

2. Mie Remez, mie yg muncul setelah Anak Emas. Gambar kemasannya adalah gambar bungkusan mie yg diremes dengan 2 tangan (ada tangan orang, tangan macan, dan tangan robot).

3. Tazos, yg multifungsi, bisa buat diadu lempar, dilempar, atau dibuat jadi berbagai bentuk. Gw paling suka bikin jadi bentuk bola, hehe..

tazos

4. Gimbot, yg maen tetris. Sampe2 ada usaha rental gimbot keliling, tiap gimbot diikat ama tali rafia, trus kita mainnya jongkok. Gimbotnya ada yg bersuara seperti “Boleh juga lo” (bikin seneng), “Bego lo” (minta dilemparrr).

gimbot2

5. Jagoan Neon. Permen yg klo dimakan bisa bikin lidah jadi berwarna (hijau, biru, merah, ungu, dll).

6. Nonton Ksatria Baja Hitam (diperankan oleh Kotaro Minami), dgn teriakannya yg khas “Belalang tempuuurrr..”

7. Nonton Power Rangers (Go,go, power rangers..). Masih inget kan personilnya? Ada Jason (yg merah), Billy (yg biru), Adam (yg hitam), Trini (yg kuning), Kimberly (yg pink), Tommy (yg hijau). Trus mereka punya robot yg namanya Alpha.

7. Nonton Sailormoon yang “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!”. Gw harap kartun ini diputer ulang. Yg jadi sailormoon namanya Usagi Sukino, punya kucing dgn gambar bulan sabit di kepala yg namanya Luna. Sailor mars namanya Ray, Sailor Merkurius namanya Ami, Sailor Jupiter namanya lupa klo ga salah Makoto ya? Sementara Sailor Venus namanya Minako yg punya kucing mirip Luna juga cuma warnanya putih. Ada juga pangeran bertopeng yg make jas plus jubah putih dan selalu bawa mawar merah.

8. Teko Ajaib. Teko yg bisa ngomong dan mengubah waktu. Nama2 tokoh di kartun ini aneh2 bgt, seperti Putri Syalala, Pangeran Dandan.. hahaha..

9. Nonton Wedding Peach, yg ada 3 cewe superhero yg anehnya pas berantem pake wedding gown. Senjatanya? Bedak dan lipstik! Hahahaha…

10. Nonton Ranma 1/2, ttg manusia yg klo kena air dingin jadi cowok, tapi klo kena air panas jadi cewek (apa kebalik yak??). Punya bapak seekor Panda gede. Aneh bet..

11. Nonton Hercules, yg punya ibu namanya Hera (yg ditayangin di RCTI setiap hari Minggu jam 10 pagi) dan dilanjuti dgn nonton Xena the Warrior Princess (di SCTV setiap Minggu jam 11 siang).

12. Nonton serial2 barat jadul setiap hari di RCTI jam 8 malem, seperti McGyver (khas dgn pisau lipat merahnya), Knight Rider (yg ada mobil bisa ngomong yg namanya Kit), Air Wolf, The A-Team. Ada juga Bay Watch.

13. Nonton acara2 komedi jadul, seperti : Lika Liku Laki Laki (yg maen Komar, Dery, Ginanjar, Eman), Gara Gara (yg maen Jimmy Gideon & Lidia Kandau), Kanan Kiri Oke, Jin & Jun (yg maen Syahrul Gunawan), Tuyul & Mbak Yul (yg maen Ony Syahrial si dubber-nya Shinchan), Jinny oh Jinny (Diana Pungky mulai tenar), Ada-Ada Saja, Si Manis Jembatan Ancol, Panji Manusia Milenium (yg sering diplesetin jadi Panji Manusia Aluminium), Inem si Pelayan Seksi (sering disingkat jadi IPS).

14. Nonton acara kuis jadul, seperti : Kata Berkait (oleh Nico Siahaan), Family 100 (oleh Sony Tulung), Tak Tik Boom, Jari-Jari (oleh Pepeng, “jare jareeeeee”), Apa Ini Apa Itu (oleh Jeffry Waworuntu, tiap Senin-Jum’at jam 12.30 setelah Buletin Siang), Kuis Piramida, Komunikata (oleh Isam Surentu).

12. Nonton acara musik anak2 dimana Agnes Monica mulai terkenal, yaitu “Tralala Trilili”, dengan gerakan tangannya yg khas.

13. Mengidolakan bintang2 cilik seperti : Trio Kwek Kwek, Chikita Meidy (tenar dgn lagu Jari Tangan dan Kampuang Nan Jauah Di Mato), boneka Susan yg bisa ngomong (padahal pake suara perutnya Ria Enes), Bondan Prakoso (si Lumba-lumba, hoy hoy!), Enno Lerian (hits2nya Nyamuk Nakal, Du Di Dam), Saskia & Geofani, Maisy yg centiiiill abisss, Cindy Cenora (yg rambutnya diiket dua kaya antena), Joshua, Sherina.

14. Ngikutin telenovela seperti : Maria Mercedes, Maria Cinta yang Hilang, Esmeralda, Kassandra (sampe djual bando gipsi kassandra gitu, inget kan?), Esperanza, Rosalinda, Marisol, Marimar, Cinta Paulina (yg punya kembaran namanya Paula). Semua telenovela punya kesamaan identik, biasanya si cewek yg miskin ternyata berasal dari keluarga kaya, lalu si cowok punya profesi klo gak pengacara, dokter, atau ga arsitek. Nama2 cowoknya seingatan gua : Fernando Jose, Armando, Fernando del Castillo. Bintang telenovela paling tenar saat itu adalah Thalia dan Gebriela Spanic. But now, telenovela is back. Cek aj tiap Senin-Jumat di Global TV jam 10 pagi, ada Marichuy. Si ceweknya miskin, trus si cowoknya profesi dokter.. hahahaha.. same old story…

Maria Mercedes

Maria Mercedes

15. Selain telenovela dewasa, ada juga telenovela anak2 seperti Amigos (amigos por xiempre), Maria Bellen.

16. Ngapalin RPUL dan RPAL (lupa kepanjanganya, hahahah).

17. Klo ada jalan2 kelas naik bis, trus ketika berhenti di pintu penjaga tol, anak2 akan pada teriak “Xon-C nya mannnaaaa???”

18. Maen karet, bola bekel, masak2an dan orang2an pake kertas (buat yg cewek), main gasing & yoyo (buat yg cowok), main congklak, maen galasin (atau gobak sodor), main demprak, maen halma/ludo/monopoli/ular tangga.

19. Maen petak-petakan, seperti petak umpet, petak jongkok, petak patung. Maen teprok nyamuk, ular naga, induk ayam, benteng (maenan paling bikin berisik se-RT).

18. Maen “Donal Bebek mundur 3 langkah”.

19. Maen “Saya orang miskin, saya orang kaya”. Ga ngerti y, esensi permainan ini. Kata2nya adalah :
Saya orang miskin, saya orang kaya
Saya minta anak, saya minta anak
Namanya siapa, namanya siapa?

20. Maen tebak maling. Jadi ada kertas yg ditulisi “maling”, “polisi”, dan “algojo”. Kita harus nebak siapa yg jadi maling. Kalo bener, malingnya dibunuh ama algojo (serem amat.. hahaha)

21. Film2 pendekar Cina, seperti Judge Bao (ada Inspektur Chen yg ganteng, hehe), Pendekar Harum (pendekar pake jubah biru dan selalu bawa kipas!), White Snake Legend, Return of the Condor Heroes (si Yoko).

22. Pada beli sepeda Wim Cycle (idolaku!), trus gedean dikit pada make sepeda Federal.

23. Nonton serial Keluarga Cemara tiap jam 1 siang, Lupus di Indosiar.

24. Nonton serial2 barat remaja, seperti Buffy The Vampire Slayer, Charmed, Together (di Indosiar nih), Dawson’s Creek (my favourite, tiap Selasa jam 10 malem), USA High.

25. Nonton Si Komo, dgn temannya Si Ulil (Ulat Usil ya?), Si Dompu (Domba Putih), dan Si Piko (Sapi apa y??).

26. Nonton Ngelaba (Ngerumpi Lewat Banyolan) di TPI.

27. Nonton sinetron Jadul : Noktah Merah Perkawinan, Saat Memberi Saat Menerima, Tersanjung (yg sampe ribuan episode), Gerhana, Janjiku (Paramitha Rusady). Banyak sinetron jaman dulu diambil dari novel2 Mira W. yg terkenal.

28. Makan permen karet YOSAN (dimana kita disuruh ngumpulin kelima hurufnya, tapi huruf N itu ntah knapa susah betul didapat, mungkin lupa diproduksi), dan permen Fruitella…

Wahh.. klo di list semua,, panjang bener dah jadinya. Mengingat semua itu, bisa bikin gua senyam-senyum dan ketawa2 sendiri. Anak jaman sekarang kyanya mainannya lebih modern yah.. hehehe…

Advertisements

Secercah Kebahagiaan Pasangan Baru

Minggu, 26 April 2009, merupakan hari paling bahagia bagi teman kami, Wyke, yang menjadi mahasiswa TI 2005 pertama yang menikah. Bukan hanya sang pengantin yg tersenyum di hari itu, kami pun turut tersenyum dan merasa tertular kebahagiaan dari kedua mempelai yg berbahagia itu. Hingga jam minus sekian, saya masih aj bingung pake baju apa. Dasar cewek. Baju yg dipikirin paling penting (ya iyyalah, hahaha). Berhubung saya tidak punya baju khusus utk acara gini2an, tidak punya waktu utk membeli baju, dan sedang tidak punya uang buat belanja, akhirnya diputuskanlah utk memakai baju seadanya. Pake tas juga tas yg biasa dipake kuliah (next time, remind me utk beli baju, in case dalam waktu dekat ada yg nikah lagi, hehe, dan tas!!!). Makin tua, kebutuhan makin bertambah aj y? Hahahah…

Sayang sekali, saya datangnya telat, berhubung dari Jatinangor baru berangkat jam 10.45 juga, jadinya kami yg datang telat, tidak kebagian souvenir. Bukan cuma souvenir, beberapa makanan seperti grill fish dan es krim sudah habis, bis, bis!! Buah2an nya juga tinggal dikit. Lain kali, klo ada yg nikahan, dateng awal aj deh, hehehe… Saat menyalami Wyke dan sang mempelai pria di pelaminan, sebuah pertanyaan, terlintas di kepala, ”gimana ya rasanya ntar klo tiba saatnya saya yg berdiri di pelaminan ini dan menyalami teman2 saya??”. Hahaha… I bet some of us think the same. Yup, setelah sesi makan2 selesai, dilanjutkan dgn sesi foto-foto. Foto-foto bareng pengantin, kali aj ketularan 😀

Karena udah jam 2, dimana acara memang sudah seharusnya selesai, satu per satu kami mulai meninggalkan gedung. Doa kami untuk wyke, kami berharap semoga wyke dan suami barunya bisa menjadi keluarga yg sakinah, mawaddah, dan warohmah. Semoga langgeng, hingga maut memisahkan mereka. Semoga juga, keberuntungan Wyke bisa menulari kami, teman2nyaaa…

Entah apakah memang tanggal 26 April ini memang hari dgn tema pengantin bahagia, karena selain menonton kebahagiaan wyke sebagai pengantin baru, saya juga jadi menonton kebahagiaan pasangan lainnya di malam harinya. Tapi, bukan sembarang pasangan, melainkan pasangan terbahagia di film ”Ayat-ayat Cinta” yg diputar di SCTV. Aw, aw, aw…. Bikin gw makin ngidam aj ngeliatnya. Hahahaha…

There’s one song that would fit to be heard in every wedding. Lagu ini tiba2 saja terdengar di kepala gw, ketika masih di resepsi itu. Lagu yang mungkin akan saya setel jika di wedding saya nanti.. Hahaha… kapan yaaa??? Hwahahaha,, just kidding… Well, here I present a very special song for a very special couple… 🙂

I Finally Found Someone
(by : Bryan Adams feat. Barbara Streisand)

I finally found someone, that knocks me off my feet
I finally found the one, that makes me feel complete
We started over coffee, we started out as friends
It’s funny how from simple things, the best things begin
This time it’s different, dah dah dah dah
It’s all because of you, dah dah dah dah
It’s better than it’s ever been
‘Cause we can talk it through

Ooh, my favourite line was “Can I call you sometime?”
It’s all you had to say to take my breath away
This is it, oh, I finally found someone
Someone to share my life
I finally found the one, to be with every night
‘Cause whatever I do, it’s just got to be you
My life has just begun
I finally found someone, ooh, someone
I finally found someone, ooh…

Did I keep you waiting, I didn’t mind
I apologize, baby that’s fine
I would wait forever just to know your were mine
And I love your hair, sure it looks fine
I love what you wear, isn’t it the time?
You’re exceptional, I can’t wait for the rest of my life

This is it, oh, I finally found someone
Someone to share my life
I finally found the one, to be with every night
‘Cause whatever I do, it’s just got to be you
My life has just begun
I finally found someone,
Whatever I do, it’s just got to be you
My life has just begun
I finally found someone

Kawah Putih yang Tidak Putih

Sabtu kemarin, saya dan bbrp teman SMA yg sudah rela2 datang dari Jakarta bermain k kawah putih. Teman2 saya itu antara lain Egi & Cephita (Fikom Unpad), Eqi “son” (FK Unpad), Pherto (Tambang ITB), Tias & Farah (UNJ, yg dateng dari jakarta). Ini berarti, merupakan kedua kalinya saya k kawasan wisata ini, setelah yg pertama kali yaitu ketika kuliah kerja seangkatan 2005 dulu. Kesan pertama kesana, terpesona, wow banget, bagus banget, terutama buat tempat foto pre-wedding, hehe. Kedua kalinya kesana kemarin, serasa biasa, tapi tempatnya tetep bagus kok. Sebenarnya saya belum tau, knapa kawah itu dinamai kawah putih, karena ternyata air kawahnya tidak putih, tapi hijau. Jadi kenapa ya?? Hahaha, tidak taulah, biar bikin orang penasaran aj kali yaaa…

Yep... those are seven od us!

Yep... those are seven od us!

Sesampai disana, untung gak ujan, dan dimulailah, sesi foto-foto narsism. Tapi, siangan dikit, kira2 jam 1-an, hujan turun dan kabut mulai menutupi keindahan kawah itu, dan juga tidak bisa dihindarkan, bau belerang makin menyengat di hidung. Udah puas dan capek, kami pun pulaaang, dan diskusi mau makan dimana. Yahh..jauh2 k kawah putih, makannya tetep aj d Clemmons Mambo, hwahaha.. Abis makan, tanpa direncanakan terlebih dahulu sebelumnya, kami pun karokean di Nav Plago. Well, berarti dalam sebulan gw udah karokean EMPAT kaliiii… Makin tipis aj kantong saya akhir bulan iniiiii 😦

Abis ngawah putih, karokean deh

Abis ngawah putih, karokean deh

Abis karokean, bukannya pulang k kosan yg tinggal ngesot, malah ikut balik ke Jatinangor buat nginep d kosan temen. Kami juga keliling2 kampus Unpad malem-malem. Dilanjutkan dengan sesi gosip ngomongin orang sampe2 orang yg diomongin setel lagu dugem di kamarnya kenceeeeng banget, seakan memberi tahu orang ttg suasana hatinya yg lagi enggak banget, lalu tiba2 melemparkan botol aqua k arah kita (ngelemparnya ke arah lantai sih, ga ke arah kita, tapi maksudnya jelas). Hahahahahaha… parah betul kita ini. Yang jelas saya merasa senang sekali weekend ini. Berkumpul dgn teman2 lama, dan mengingat2 kembali masa2 SMA. Membuat saya berharap masa2 indah itu akan terulang kembali. I wish we can do this stuff next time 🙂

Ribut Kiamat

Akhir2 ini, beberapa orang meributkan suatu hal yang selalu menjadi pertanyaan terbesar di seluruh kehidupan umat manusia. Kapankah kiamat terjadi? Sebelumnya, ada yg pernah meramalkan bahwa pd tgl 9 bulan 9 tahun 1999 akan terjadi kiamat. Tapi, buktinya, di hari ini, bumi masih tetap berputar dan matahari tetap bersinar.

Lagi-lagi, kini ada bbrp ilmuwan yg berspekulasi bahwa kiamat akan terjadi tepat pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012. Itu artinya kurang lebih 3 tahun dari sekarang. Jika melihat keadaan bumi kita sekarang ini, mungkin memang tidak heran jika kiamat akan terjadi sebentar lagi. Global warming semakin terasa, lubang ozon semakin menganga lebar, dan es di daerah kutub dan bbrp daratan lain seperti Greenland mulai mencair. Tapiiiii… tetap saja, sepintar-pintarnya manusia berhitung, tidak mungkin dapat melebihi kekuasaan Allah SWT. Kiamat itu rahasia Allah, hanya Dia yang tahu. Tidak ada satupun manusia yang tahu. Saya benar2 tidak percaya bahwa manusia bisa menghitung bahwa kiamat terjadi di tahun 2012 itu.

Pertama, hal itu belum tentu benar. Betapa sebuah kebetulan, bahwa hasil perhitungan manusia menghasilkan angka yg begitu cantik seperti itu (20-12-2012).
Kedua, jika memang akan terjadi sesuatu pada tanggal sekian, belum tentu akan berakibat pada kiamat kan? Memangnya kita Tuhan?
Ketiga, jika memang kiamat terjadi pada tanggal sekian, saya yakin karena Allah memang berkehendak untuk menetapkan tgl itu sebagai hari kiamat, semudah Dia menetapkan besok adalah hari kiamat. Bukan karena hasil ramalan manusia semata.

Allah mudah saja menetapkan bahwa besok adalah hari kiamat. Jadi, kita sebagai manusia, seharusnya jgn berpikir bahwa kiamat masih 3 tahun lagi. Berpikirlah bahwa kiamat itu besok. Seperti entah saya lupa apakah ini hadis atau bukan, yg jelas pernyataan ini sangat saya setujui :

“Bekerjalah seakan-akan kamu hidup selama-lamanya, dan beribadahlah seakan-akan kamu mati besok”

Sebelum bumi benar2 hancur, kita mati dulu kan? Mati seperti halnya kiamat dapat terjadi kapan saja. Jadi, kita harus siap diri, bahwa kita mungkin akan mati besok. Menurut pendapat saya sendiri, saya benar2 tidak suka ada orang yg meramal2 kiamat segala, seakan2 kita bisa lebih pintar dari Allah, seakan2 kita bisa tahu rencana Allah. Jangan pernah kita berpikir bahwa kita lebih tahu dari Allah. Ingat, Allah Maha Tahu. Ada atau tidak adanya ramalan kiamat, kita harus persiapkan diri, kita harus sudah mulai bertobat, dan terus beribadah.
Wallahu’alam…..

Let’s Go Green & Go Healthy !

Selamat hari bumi! Hari ini, tepat pada tanggal 22 April, kita merayakan hari bumi. Hmm jadiii, kita harus hemat energi ya?? Klo gitu, selama hari ini saya tidak nyatet supaya ga abisin kertas… Paperless dan go green…hahahaha…. Ayo, ayo, pada jangan sembarangan buang kertas. Kasian bumi kita. Klo ga butuh plastik juga lebih baik tidak usah. Kasian bumi kita. Masih mau hidup enak kan?? Hehehe…

earth-day

Dalam rangka hari bumi juga, saya lari di Sabuga pagi tadi. Gak ding, dalam rangka olahraga aj. Olahraga hari ini cukup jadi improvement buat saya. Karena saya bisa lari 4 putaran tanpa henti, sedikit kewalahan, tapi pala gak pusing dan pinggang gak pegel. Lari tadi terasa mudah karena si iPod dan nafas teratur setiap melangkahkan kaki serta pemanasan yg kali ini dilakukan dgn benar, haha. Biasanya saya hanya lari 2 putaran, trus jalan, lari lagi bentar.. Sangat tidak baik, karena klo dah lari, jgn berenti, malah jadi terasa lebih capek utk lari lagi. Tadinya mo pake sistem menit, target 15 menit. Sambil cek hp, ternyata 4 putaran udah 13 menit, dan itupun dah mau pingsan.. hahaha… So, target lari berikutnya,, 20 menit deh, hehe…

Another announcement today, dalam rangka hari bumi, starbucks memberi potongan 1/2 harga, khusus hari ini dan besok, di starbucks mana saja. Syaratnya harus bawa cangkir or mug sendiri, tidak lebih dari 600 ml… Horeeee…!!! Yipppieeee….!!!

n552034589_1522120_25030191

Ayoo..rame2 k starbucks… hahaha… Go green & go healthy!!! 🙂

Have a Little Faith….

Kemarin santai, sekarang panik..
Kemarin optimis, sekarang pesimis…
Kemarin yakin, sekarang takut…

Just have a little faith….

If you’re really honest with yourself about what you want out of life, life gives it to you…

Pengen Mulai Hidup Sehat, tapi yang Murah dan Mudah

Setelah sebulan absen lari, saya pun ditemani Dita “Toil” lari pagi di SORGA jam 7 pagi. Beda dengan weekend, klo weekday, trek lari tidak ramai dan lebih didominasi oleh orang2 tua dan lansia. Tapi, justru saya suka yg sepi seperti ini. Jika melihat para orang tua itu berolahraga, I become wonder, “what would I be in the next 20 years?“. Sesehat mereka kah yg masih menyanggupi diri lari pagi? I hope so.

Jadi mulai mikir, jika mau tetap sehat di hari tua nanti, harus mulai hidup sehat dari sekarang. Mulai dari olahraga rutin. Okay, I have tried to do this one regularly. Aerobic and jogging. Masih kurang kah? Hmm.. bagaimana dgn makanan kita? Makanan juga harus yg sehat kita konsumsi. Tapi, sehat gimana? Setiap kali saya makan di kantin or warung, saya selalu makan menu komplit : nasi, sayur, daging/ikan, buah kalo ada (biasanya pisang). Tapiii.. klo makan di warung gitu, apa sayurnya dijamin bersih? Di postingan saya yg sebelumnya yaitu post ini, saya menceritakan bahwa sayur bebas bakteri dan kandungan zat berbahaya itu udah langka. Ada 2 alternatif, alternatif 1 yg mahal, yaitu konsumsi makanan organik. Dengan budget anak kosan kya gini, mana sanggup?? Hahaha.. Alternatif 2 yg murah meriah, adalah, masak sendiri. Tapi saya kan tidak bisa masak?? Mana sempet pula?? (klo sempet sih pasti bisa, hehe).

Jadi, sampe sekarang masih stuck, gimana caranya hidup sehat tapi murah dan mudah? Sekarang cuma bisa mengusahakan olahraga rutin, makan sayuran (whether it’s healthy or not, don’t know), buah2an, dan susu (yg ini masih sering beli instan aj, hahahah). Ayo, teman, kita harus hidup sehat dari sekarang, supaya kita tetap sehat hingga tua, dan juga supaya kita bisa mengajarkan dan mencontohkan hidup sehat yg benar pula untuk anak2 kita nanti…. Satu lagi, supaya ntar kita tidak perlu mengatakan “I’m too old for this stuff“, hehehehe 🙂