Try to be a Teacher…

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada teman2 saya, Gita, Novi, dan Dwi yg telah memberi saya kesempatan utk mengajar di taman bacaan “taboo“. Hehehe,, udah kaya pembukaan pidato aja ya? Inspired by them, finally gw ke taboo buat bantu ngajar. Kita yg dari TI ada bertujuh, yaitu gw, Gita, Novi, Caca, Didi, Shelly, Dwi. Ternyata tempatnya jauh dan menanjak yak? Untung naek mobil kuning Didi yg mungil, hehe. Gw tadi kebagian 2 anak, 1 cewek namanya Melly dan 1 cowok namanya Andi atau Ian. Dua2nya kls 5 SD, tapi beda sekolah. Si Ian punya 2 PR, Matematika dan IPA. Si Melly ga punya. Gw tanya deh, “mau belajar mana dulu??“. Ian jawabnya terserah. Yaudah, gw tanya aj, “susahan mana?“. Ian bilang “Matematika“. Ya iyyaa lah yaaa.. what on earth am I thinking about, asking that stupid question??. Hahaha,,

Maka dimulailah sesi matematika. PR-nya ternyata tentang… skala! Hehe,, untung masih inget. Si Ian ini gw liat2 masih lebih pinter dr Melly, karena si Melly ini pengurangan dan penambahan aj masih gak lancar. Ketika ditanya berapa 8 x 8, dy tambahin satu-satu ke bawah, 8 sebanyak 8 kali. Sampe 8 kali 7 sih bener, tapi penjumlahan yg ke-8 salah. Dalam hati gw, “apa mereka ga disuruh hapalin perkalian y? perasaan gw disuruh deh dulu“. Gw kan kasih soal perkalian dan pembagian,, dari 6 soal perkalian, dy cuma jawab bener sendiri 1 soal. Yg pembagian juga sama. Gw tanya sampe 3 kali, brp 10 kurang 9, dy pun menjawab 10-9=2, sebanyak 3 kali juga. Nah, gw jd bingung gimana cara ngajarin dy supaya dy lancar penambahan/pengurangan spt itu, padahal dy dah kelas 5 SD? Klo gw gurunya, pasti tiap hari gw kasih PR mulu, biar terlatih.

Karena gemes ngeliat Meli selalu nambah manual utk kasus perkalian, gw pun mengajarkan dy cara cepat mengalikan pake jari tangan, tapi hanya utk perkalian angka 5 ke atas. Si Ian ini lebih cepet ngerti ketika gw ajarin, cuma nih anak agak kurang serius utk mengingat. Pengen bgt ngajarin Meli sampe bener2 ngerti, tapi 2 kendala. Satu, si Ian yg lebih mengerti perkalian sering nyeletuk jawaban dari pertanyaan yg gw kasih, padahal gw pengennya Meli yg jawab sendiri. Dua, waktu tidak mencukupi, udah malem.

Selesai PR matematika, Ian pun ngeluarin LKS IPA-nya. Pas gw liat kelima pertanyaannya, gw merasa “waduh, andaikan PR kuliah seperti ini ya?? pasti enak banget“. Haha, kenapa? Karena jawaban pertanyaan2-nya tuh ada semua di halaman sebelumnya. Tinggal liat pertanyaan, cari jawaban di halaman sebelumnya, trus salin deh. Tapi gw kebingungan sendiri ketika si Ian kesulitan mencari jawaban pertanyaan terakhir, krn ga ada di LKS itu, “apa yg dimaksud dgn bintik matahari?“. Eng ing eeeengg… Mene ketehe? Gw cuma tau, harusnya bintik matahari tuh yg titik2 hitam itu kan? Tapi gimana meng-kalimatkannya? Gw tanya Caca, “Ca, apa yg dimaksud dgn bintik matahari, Ca?“. Caca pun menjawab “spot matahari“. Hahaha,, benar2 membantu, Ca. Sayang, si Ian ini ga bawa buku paketnya. Klo bawa kan bisa dicari bersama jawabannya.

Gw mungkin masih untung, ngajar anak SD yg ilmunya masih dasar banget, anak2nya pun ga bawel (kata Gita sih, si Ian lagi tumben ga bawel). Nah, si Caca dapetnya Nur, anak kelas 3 SMA itu. Pas Caca nanya “Cong, apa itu premis?“. Di pikiran gw, premis itu istilah perasuransian, hahahah,, bodoh, itu kan premi… Ternyata premis itu yg gini nih..
Premis 1 : jika A maka B
Premis 2 : jika B maka C
Kesimpulannya adalaah..???
Asli, lupa gw. Di otak gw yg entah logis atau tidak, harusnya jawabnya “Jika A maka C”,, hahaha, entah lah.
Lalu, Caca nanya soal persamaan kuadrat. Dulu, favorit gw nih kya ginian, tapi skrg gw lupa sama sekaliii,, udah tumpuuuulll… malu bener dah. Gw ngajarinnya, “coba 4,5 itu klo pecahannya jadi berapa?“, sementara di belakang gw pada ngomongin soal SIN COS TAN dan INTEGRAL. Gile, masih inget gak ya gw sama gituan? Gw mungkin bisa inget, klo buka2 buku catatan SMA gw, tapi semua itu ada di JKT, itu pun klo masih ada.

Akhirnya kedua anak yg gw ajarin pulang. Tapi masih ada sebagian yg blom selesai belajarnya. Gw pun ngeliat2 koleksi buku disana. WOW, gw pikir pasti buku anak2 semua nih, ternyata enggak. Ada buku Sidney Sheldon bo’! Gila! Katanya dulu jumlah bukunya mencapai 4000-an judul, tapi sekarang tinggal 3000 saja. Keren juga. Pengen minjem, tapi ntar aj deh, hehe.

Bener kata Dwi-Gita-Novi, melihat mereka, gw jadi merasa bersyukur sendiri. Diberkahi gizi dan otak yg cukup. Tidak merasa menghadapi kesulitan seperti mereka dalam pelajaran. Klo kata temen gw, ini adalah salah satu bentuk dari Safari Marginal. Jika saja gw bisa bantu lebih. Gw salut dgn pemiliki Taboo ini. Mereka benar2 aktivis sejati yah. Next time, remind me again ya, friends, klo mo kesana lagi….hehehe….

3 thoughts on “Try to be a Teacher…

Leave a Reply

