My Name is Hanifah!

Bukan, gw bukan sedang meniru Nicole Scherzinger (doh, nama susah bener nulisnya), yg jadi modelnya iklan shampoo Clear. Bukaaaan… Gw cuma mau mengklarifikasi bahwa nama gw Hanifah, ga pake embel2 apa2 lagi. Banyak yg nanya, “lho, nama lo kan Hanifah Rachman??“. I used my father’s last name so I can create an ID for my new Yahoo account that time, gitu loohh..

Kalo pake “hanifah” aj buat yahoo ID ga available, yg available klo ditambah nama bokap gw. Trus pas bikin account FB juga diharuskan mencantumkan Last Name, padahal nama gw cuma 1 kata, ga ada last name. Ya sudah, pake nama bokap lagiii.. Jadi, teman2, nama gw tuh Hanifah (singkat, padat, jelas, aktual, tajam, dan terpercaya kan??).

Bicara soal nama, gw dikasih nama Hanifah itu oleh bokap gw. Klo di AlQur’an nama Hanifah itu berarti “lurus” atau bisa juga diartikan “yang beriman“. Hmmm.. lurus?? Sesuai doonk.. apalagi beriman… hahahaha… (kidding…). Nama Hanifah juga bisa berarti lain loh. Hani itu berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Honey” yang berarti madu yang mutlak rasanya manis. Jadiii.. Hanifah itu manis.. Ahahahahaha…

Lalu, klo masih banyak yg nanya “knapa lo disebut Hanicong sih??“. Well, bukan gw yg meminta teman2 gw utk manggil gw Hanicong. Semua itu bermula dari kelas 1 SMA. Okay, I’ll tell u who don’t know about this.

Pada suatu hari, gw dan beberapa teman (sebut saja Wima, Azay, Rendi, Fritz, Iman) sdg mencoba iseng menambahkan nama di belakang nama2 kita. Karena waktu itu lagi jaman2nya belajar sejarah Cina, jadilah kami menambahkan nama2 marga Cina di belakang nama kami. Misalnya, temen gw si Wima jadi Wima Zhou, Azay jadi Azay Chou, Iman jadi Iman Chu (kan ada tuh dinasti Man Chu klo ga salah), si Rendi jadi entahlah gw lupa. Naahhh.. entah dari mana asalnya, tiba2 teman2 gw itu menambah nama Cung ke nama gw, jadinya Hanicung. Eh, lama-lama nama Hanicung berubah intonasi jadi Hanicong. Sekelas jadi pada manggil gw “Cong, cong!“. Ga sampe kelas 1 aja, karena di kelas 2, ada teman kelas 1 yg sekelas lagi, nama Hanicong jadi menyebar luas lagi. Berlanjut sampe kelas 3.

Nahhh.. gw pikir, pas kuliah nama gw akan back to normal lagi nih. Gw memperkenalkan diri sebagai Hanifah. Tapiii,, thanx to Wulan, yg memanggil gw hanicong, yg lain pun ikutan manggil gw hanicong. Okay, apa daya, pasrah aj deh.. selama tidak merugikan gw,,, huehueheuhue… So, stop asking why I’ve been called as Hanicong, okay??

Klo d rumah, gw dipanggilnya Ifa, loh. gw pernah nanya nyokap gw, “knapa ga dipanggil Hani aja?? Knapa Ifa dipanggil Ifa??“. And then, apa jawab ibu gw waktu itu?? She said, “klo manggil kamu Hani, gimanaaaa gitu…“. Whatttt?????

Oiya, beberapa kali orang salah denger nama gw dari Hanifah menjadi Annisa. Seperti misalnya pas gw mesen travel. Padahal di telepon gw sebutnya “Hanifah“, tapi besoknya gw liat ternyata nama gw ditulis menjadi “Annisa“. Lalu, pernah juga entah siapa memberi selamat ke gw atas lomba yg tidak mungkin gw ikuti, “Cong, katanya lo menang lomba BRIDGE ya??”. Gw cuma bisa berkata, “Haaah??? Sejak kapan gw bisa maen bridge??”. Dan gak cuma orang itu, beberapa orang bertanya hal yg sama ke gw. Gw bisa aja enggak, apalagi ikut lomba. Yah, seperti yg dah gw duga, yg menang lomba bridge itu ANNISA, bukan HANIFAH. Distorsinya jauh banget… Selain Annisa, ada juga yg salah denger nama Hanifah menjadi Hamidah.. (grrrrr…..)

Pernah juga nama gw berubah jadi nama laki-laki. Gw sedang menelepon teman SMA gw ke telepon rumahnya. Kita sebut saja nama temen SMA gw itu sebagai “Koko” (bukan nama sebenarnya).

Gw : “Pak, bisa bicara dgn Koko?”
Si bapak temen gw : “iya, dari siapa ini?”
Gw : “temennya, Hanifah”

Beliau pun berteriak memanggil anaknya, a.k.a temen gw itu.

Si bapak temen gw : “Kokooooo…. ada telfon!!!”
Koko (dari kejauhan) : “dari siapaa???”
Si bapak temen gw : “ABU HANIFAH!!!”

Gw yg saat itu memegang gagang telpon cuma bisa menganga pengen ketawa… weleh, weleh,, Abu Hanifah mah teman saya yg lain lagi, Pak.. Haduuuuhhh…

Nasib gw, nasib gw… punya nama yg bisa berubah2 di telinga dan di mulut orang lain.. Ckckckckc… Tapi, akuilah, nama gw itu indah, buktinya baru2 ini ada yg memberi nama bayi barunya dengan nama “Hanifah” kan??? Hehehehehe….

4 thoughts on “My Name is Hanifah!

  1. owh gitu toh ceritannya…tp klo abu hanifah berarti bapak lo dong yg disebut….abu hanifah…bapaknya hanifah…😆

  2. tukeran link yuk blognya menarik juga, moviegoers kayaknya, habis nonton langsung diposting🙂

    ekajazzlover.wordpress.com

Leave a Reply

