Angels & Demons (Movie)

angels-demons-movie-poster

Angels & Demons akhirnya tayang… Yay! Walaupun harga weekend dan seat yg tersisa terbilang di bagian depan, kami tetap memutuskan nonton. Segitu pengennyaaa..

Seperti kebanyakan film yang diangkat dari sebuah novel, film ini pun memiliki beberapa bagian yg berbeda dari versi novelnya. Bagi yg belum baca bukunya, akan saya tulis sinopsisnya…

Bercerita ttg munculnya sebuah perkumpulan kuno yang dianggap sudah punah, yaitu perkumpulan Illuminati. Perkumpulan ini dibentuk oleh sekelompok ilmuwan masa dulu (termasuk Galileo) yang dimusuhi oleh pihak rohaniawan (gereja) saat itu karena dianggap teori-teori yang dikemukakan sgt bertentangan (seperti misalnya rohaniawan beranggapan bahwa bumi itu datar & pusat tata surya, di atasnya surga sementara di bagian bawah terdapat neraka, namun para ilmuwan menemukan bukti bahwa bumi itu bulat dan matahari sbg pusat tata surya). Legenda lain jg menyebutkan bahwa kelompok ini memiliki 4 cap bertuliskan 4 elemen ilmu pengetahuan (earth, air, fire, water) yg berupa ambigram (simetris sehingga bisa dibaca dari sisi atas maupun dari sisi bawah) dan 1 cap tambahan lainnya. Kini, ada seseorang yang mencoba membunuh 4 orang kardinal – yg merupakan calon2 utama pengganti Paus yg baru meninggal, dengan tujuan untuk membalas dendam karena perbuatan Gereja ratusan tahun lalu yang membunuh 4 ilmuwan dan mencapnya di dada dengan tanda salib sebagai peringatan bagi masyarakat utk jangan pernah menentang Gereja.

Robert Langdon (diperankan oleh Tom Hanks) yg merupakan ahli simbologi diminta utk datang ke Vatikan & membantu memecahkan sandi dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pembunuh yang menjadi pertanda tempat di mana keempat kardinal yang diculik akan dibunuh. Dalam waktu yg bersamaan, pembunuh juga telah meletakkan sebuah zat antimateri yang dicurinya dari sebuah lembaga penelitian bernama CERN dan dapat meledak dan menghancurkan Vatikan & sebagian kota Roma di suatu tempat tersembunyi jika tidak segera ditemukan.

Menurut saya, jelas alurnya lebih detail dan lebih seru di buku (ada beberapa adegan dan tokoh penting yang tidak dimunculkan dalam film). Tapi, overall, sangat memuaskan lah dari segi sound effect, ketegangan cerita, dan latar tempat ceritanya. Cerita beda dari buku menurut saya memang sering dan wajar, tapi ada satu hal yg masih saya sangat pertanyakan sampai sekarang. Mengapa cap kelima (Illuminati memiliki 5 macam cap ambigram kuno) pada film sangat berbeda dari yang digambarkan dan diceritakan di buku? Kalau udah nonton filmnya, bandingkanlah cap kelima dalam film dgn cap kelima yang digambarkan dalam buku (di bawah ini) :

cap5

Coba perhatikan, cap di atas merupakan tulisan earth-air-fire-water digabung menjadi satu bentuk seperti bentuk diamond pada gambar di atas. Nah, hal inilah yang masih saya pertanyakan. Kenapa pake diubah segala? Justru bagusan cap di buku menurut saya. Hehehe,, ga tau lah, hanya sutradara dan penulis yang tahu. Overall, gw kasih rate 8.5/10 deh….. Sangat disarankan untuk menonton..🙂

Credits :
Special Thanx to Henny Triana (a.k.a Tia).. Udah kya pacaran aj, seharian di Ciwalk (dari Starbucks-BMK-21-JCo-Texas), hahahaha…

3 thoughts on “Angels & Demons (Movie)

  1. “Credits :
    Special Thanx to Henny Triana (a.k.a Tia).. Udah kya pacaran aj, seharian di Ciwalk (dari Starbucks-BMK-21-JCo-Texas), hahahaha…”

    eh kerjaan lo jalan2 mulu siiih…
    kerjain tuh TA nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s