Nostalgila SMP

Selama kurang lebih seminggu berada di rumah di Jakarta ini, selain mengembalikan pola makan dan gizi gw, gw juga menemukan benda-benda kenangan yg mengingatkan gw akan masa-masa SMP gw. Benda-benda itu membuat gw tesenyum bahkan ketawa2 sendiri, saking konyolnya. Hal-hal apa saja yg gw lakukan, dan benda2 apa saja yg gw kumpulkan semasa SMP dulu? Mari kita list…

1. Buku Diary
Ketika gw buka laci meja gw, gw menemukan buku diary gw. OMG… anak SMP banget ga sih, nulis pengalaman pribadi dan curhat sama buku. Trus, gak warasnya lagi, buku diary nya dikasih nama pula. Ahahahaha… ababil abis waktu itu gw, kalo dipikir2. Pake bahasa2 anak SMP jaman itu lah. Tapi, ya, gw lihat2, bahasa anak gaul jaman dulu tuh ga se-ALAY jaman sekarang lah. Klo bahasa ALAY jaman sekarang bener2 bikin gw mau muntah dan sakit mata bacanya. Pake huruf gede dan kecil, pake angka juga, bahasa inggris diimutin. Ahhh,, gw tidak se-ALAY itu dulu! Yessss…. hahahah….

2. Novel Alfred Hitchcock (Trio Detektif) dan R.L. Stine
Pernah baca novel misteri Alfred Hitchcock dalam serial Trio Detektif-nya? Salah satu judul buku yg gw punya adalah ‘Misteri Kucing Bengkok’. Awalnya gw ga suka baca novel. Tapi, semenjak gw baca novel Alfred Hitchcock utk pertama kalinya (punya temen SMP waktu itu gw pinjem) dan membuat gw turut tegang dalam membacanya, gw jadi merasa bahwa membaca novel itu menyenangkan. Alhasil, gw ikut koleksi buku Trio Detektif ini, walaupun lebih sering pinjem temen waktu itu, hehe..

Nah, novel lain yg gw senangi juga adalah novel horror karya R.L. Stine. Termasuk banyak lah koleksi gw yg satu ini. Yaaa mungkin selain krn gw memang penggemar film dan cerita horror, tokoh2 dalam novel2 R.L. Stine ini merupakan remaja2 SMA biasanya. Wajar kan kalo anak SMP seperti gw waktu itu suka?

3. Kaset
Yup, masa SMP merupakan masa2 awal gw mengkoleksi kaset lagu2 barat. Kayanya jelas bgt deh, knp gw jadi suka koleksi kaset lagu barat. Hahaha,, tidak lain dan tidak bukan adalah karena kemunculan boyband Westlife waktu itu. Bisa dibilang bahwa gw sewaktu SMP itu tergila2 ama boyband Westlife. Ga cuma kaset, semua majalah dan tabloid yg ada poster atau berita atau pin-up personil Westlife (terutama Shane,, hahahah) pasti gw beli. Jadi, semenjak ada Westlife, gw jadi suka dengerin musik2 barat jaman dulu itu, dan beli kaset2nya juga. Sampe sekarang masih tersimpan rapi kaset2 itu meski sudah tidak digunakan lagi semenjak kalah tenar dari MP3 Player.. hehehe…

4. Address Book
Jaman dulu, ketika HP masih cuma dimiliki oleh bapak2 pengusaha, blom ada yg namanya anak SMA or SMP nenteng2 HP kmana2, maka apa yg dilakukan oleh anak masa itu utk menyimpan nomor2 telepon teman2nya? Yak, saat itulah address book alias buku telepon alias buku alamat berperan besar. Gw tiba2 nemu address book yg gw beli semasa SMP. Ketika gw buka2, gw melihat banyak nama teman2 SMP yg mostly sudah terlupakan oleh gw. Gw memang orang yg memoryless, ingatan jangka pendek. Kalo liat muka pasti inget, tapi klo disuruh inget nama apalagi nama lengkap, wah butuh usaha ekstra buat gw. Melihat setiap nama itu, dan tiba2 mengingat wajah mereka dulu, membuat kenangan2 SMP bersama mereka menjadi sebuah flash back di kepala saya. And it makes me miss them, hohohoh…

5. Buku kumpulan lirik lagu

Jaman itu, gw lagi mulai seneng2nya beli kaset dan juga dengerin lagu2 (terutama musik barat) di radio dan MTV. Karena gw juga senang nyanyi2 mirip anak autis, maka gw mengumpulkan lirik2 lagu kesenangan gw saat itu, yg jg enak2 didengar, dalam sebuah buku. Lirik2 itu gw kumpulkan, ada yg dari internet, ada yg dari tabloid / majalah, dan ada juga (gw baru inget sekarang) dari sebuah siaran di radio dimana penyiarnya akan membacakan alias mendiktekan pelan-pelan lirik lagu kepada para pendengarnya. Kalo ga salah, radionya waktu itu radio SONORA. Koleksi lirik gw termasuk lengkap tuh, sampe2 sering dipinjem oleh teman2 SMP dulu, hehehe…

6. Foto-foto
Setiap ada momen khusus, misal jalan2 studi wisata dll, gw dulu selalu sedia kamera. Jaman dulu kan belum ada tuh yg namanya HP (apalagi HP kamera) serta kamera digital, jadi dulu kamera yg gw bawa2 ke sekolah itu kamera yg masih pake roll film (biasanya gw pake ASA 200 klo ga salah). Nahh,, foto2 masa SMP itu masih tersimpan rapi dalam album2 di dalam lemari gw. Iseng-iseng ga ada kerjaan, gw buka2 tuh foto-fotonya. Muka-mukanya masih jadul, badan juga masih kurus loh..

Benda-benda itu rasanya akan tetap tersimpan, tidak ingin dibuang. Karena benda-benda itu menjadi perwakilan atas kejadian-kejadian masa lampau gw dulu. Yeah, walaupun gw sempat terpikir utk menyumbangkan buku2 or novel2 yg dulu gw beli itu ke perpustakaan aja, biar ga menuh2in tempat. Tapi niat itu tidak terlaksana juga sampe sekarang. Mungkin mereka memang tidak ingin dibuang, hehe… Tapi, ya jelas klo foto ga akan gw buang, lah.

Wherever they are now, they will still become my friends that I’ll always rememberđŸ™‚

Leave a Reply

