My Passion to Write

Speaking of semangat menulis… Saya jadi mengingat-ingat sendiri, kapan ya saya mulai hobi menulis? When I was a kid or teenager, I never say that I have a hobby in writing. I ever tried to write some short stories, but just reading it I know they’re not good ones. So I know, I’m not talented in writing stories.

Tampaknya awal mulanya saya mulai suka menulis adalah ketika saya menginjak kelas 2 SMA. One time, my Indonesian teacher gave us task to write a short article about ‘Valentine’. Setelah diberi tugas macam itu, saya justru merasa excited. Dan ternyata, my Indonesian teacher seems satisfied with my writing that gave me a score beyond my expectation. I was so happy, knowing that I’m not as bad as I thought in writing.

Mungkin tugas itulah yg membuat guru bahasa Indonesia saya kemudian mendaftarkan saya dan satu teman sekelas saya untuk ikut sebuah lomba karya tulis yg diselenggarakan oleh PT. PLN untuk tingkat SMA se-Jabotabek. Ketika beliau meminta saya untuk ikut lomba itu, jujur saya ga pede abis. I mean, kali ini bukan short article yg cuma 1 halaman saja, tapi harus minimal kurang lebih 3 halaman (saya lupa harus berapa kata syarat karya tulisnya)! Well, I’m not a pessimistic, but I wasn’t confident either when I had to give my writing. Again, beyond my expectation, ga disangka ternyata saya memenangkan lomba itu dan memperoleh hadiah sejumlah uang. I barely believed it! But in other side, I was gratefull.

Kejadian itulah yg membuat saya sadar bahwa sebenarnya saya senang menulis. Setiap membaca novel, jika melihat gaya tulisan penulis tertentu yg menarik menurut saya, saya pun menjadi iri. Ingin bisa menulis seperti mereka. Saya merasa, menulis itu tidak begitu perlu membutuhkan kata-kata atau istilah-istilah bagus. Menulis itu yg penting adalah, bagaimana caranya agar pembaca senang membacanya, tidak merasa bosan, dan bagi saya, saya ingin mampu menulis dengan gaya yang juga mampu membuat orang yg baca ikut tersenyum. Contoh nama-nama penulis Indonesia yg saya suka gaya tulisannya adalah Adhitya Mulya dan Trinity (penulis the naked traveler). Buat saya, gaya tulisan mereka itu ringan dan mudah dinikmati, menyegarkan, dan mampu membuat saya ikut tersenyum. Tidak bosan dan lelah rasanya jika terus-terusan membaca tulisan mereka.

Merekalah yg membuat saya ingin mencari pengalaman-pengalaman baru, sehingga saya bisa menuangkannya ke dalam tulisan dan membaginya kepada teman-teman. Meskipun menulis memang hanya menjadi hobi saya saat ini, saya tetap ingin belajar menulis lebih baik lagi… Dan sebagai orang yg masih belajar, maap yah kalo ada tulisan saya yg jelek atau standar. I’ll keep improving, hehehehe😀

Leave a Reply

