Peminta-minta Uang Beralasan Cari Modal Usaha Berkeliaran di ITB

Pernah bertemu dgn laki-laki muda berkacamata, bertopi, menggunakan ransel, berusia lebih tua dari mahasiswa pada umumnya namun sengaja berpenampilan seperti mahasiswa? Laki-laki itu biasanya mengunjungi orang2 di kantin2 atau bahkan di selasar prodi untuk meminta bantuan sumbangan orang2 itu utk modal usaha baru dia. Pernah bertemu orang itu di lingkungan ITB?

Well,, pertama kali saya didatangi laki-laki itu kira2 setahun lalu. Sampai saat ini, sudah TIGA KALI saya dihampiri oleh laki2 itu. Terakhir kali hari senin (3 agustus 09) kemarin. Tiga kali dia datang, memberikan kurang lebih 3 lembar kertas gitu. Lembar pertama berisi permohonan untuk minta bantuan kita supaya modal untuk usaha sebesar 10 Juta Rupiah dia bisa terpenuhi. Lembar2 di belakangnya adalah rincian barang2 yg akan dia dagangkan beserta harga-harga tiap barangnya. Yang gw heran, udah setahun dia seperti ini. Apa benar dia mau bikin usaha baru? Atau jangan2 usaha dia itu adalah ya minta2 uang ke mahasiswa dgn alasan mau buka usaha itu cuma kedok doank.

Lagian, kalau memang dy mo cari modal buat usaha dagang, kenapa enggak, hellloooooo, pinjem dana ke Bank gitu? Minta-minta uang ke mahasiswa, memangnya mahasiswa udah kerja? Semurah2 hatinya mahasiswa, paling ngasih berapa sih? 10ribu maksimal. Gw sih ga sudi ngasih uang buat alasan palsu kepada laki-laki yang physically masih muda dan bugar gitu. Sama aja seperti pengemis.

Lain kali, klo dy menghampiri saya lagi keempat kalinya, akan saya inget-inget namanya and saya usahain untuk saya foto mukanya biar kalian tahu yg mana orangnya. Kalo kalian bertemu dgn orang macam itu, tanya2 aja. Usaha apa, trus knapa setahun modalnya ga terkumpul2, de el el deh biar dia jera, berhenti minta2 gitu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s