Pertamaxx Ke Palasari

Empat tahun (lebih dikit) jadi mahasiswa imigran di Bandung, baru kali ini gw ke Palasari euy… hehehe… Dengan modal tau-naek-angkot-apa-kesana-tapi-blom-tau-naek-angkot-apa-buat-pulangnya , gw berangkat lah sendirian menuju TKP naek angkot Kalapa-Dago di hari nan puanas ini. Gw sengaja pake outfit (tumben nih pake istilah ‘outfit‘,,, hehehe) jeans dan kaos berwarna cerah biar ga kepanasan di angkot (tapi sayangnya gw lupa bawa ipod biar ga bosen T.T).

Hmmm,, rasanya ke Palasari sendirian? Bingung, takut nyasar, kepanasan, pusing dan hampir ditipu ama nenek-nenek bermuka manis tapi menipu! Awalnya nenek-nenek itu senyum2 ke gw, mengeluh panasnya di dalam angkot. Trus begitu orang di samping gw turun, dia pindah duduk di samping gw supaya lebih adem sambil senyum lagi ke gw. Dia pun sempet bertanya dgn mahasiswa cowok di depan gw utk bertanya jam berapa saat itu. Tiba-tiba dia bilang ke gw : “neng, saya mo pulang ke cicalengka (klo ga salah), tapi ga ada ongkos nih 5000“.

Okaaay, selama 4 tahun di Bandung dan beratus kali naek angkot, tentu gw pernah ditanya entah berapa kali oleh ibu-ibu or nenek2 dgn motif seperti itu di dalam angkot, intinya mah minta uang. Tapi belom pernah sekalipun gw ngasih uang ke mereka. Dan gw yakin sebenernya kali ini pun salah satu motif penipuan. Tapi masalahnya, gw GAK TEGA ngeliat muka nenek2 itu. Muka sangat tua dengan senyum ompong yang terlihat tidak bersalah. What the hell, walaupun gw rasa nenek itu boong, gw hampir berniat memberi (just this once, and I won’t give it to any others who lied too in next chances) dan udah mau ngeluarin dompet. Tapiii tiba2 ibu-ibu di samping gw ngomong : “itu nenek2 mo minta uang ya? Jangan dikasih! Dari tadi dia minta uang ke orang-orang. Udah sepuluh orang kali. Coba aja liat tasnya, pasti banyak uangnya“. Aaaannndddd,,,, suddenly si ibu2 yg barusan ngomong di samping gw menjulurkan tubuhnya melewati gw ke arah si nenek2 dan berkata : “ibu udah nipu orang berapa kali? bla..bla..bla (lupa)“. Si ibu2 itu pun langsung menahan tangan gw yg hendak mengeluarkan dompet dan melarang keras gw utk memberi uang ke nenek2 itu.

Nenek2 itu tiba2 pura2 ga ngerti dan nyerocos dalam bahasa Sunda. Si ibu pun menasihati gw ttg motif2 penipuan seperti ini, dan mengira gw mahasiswa baru (hiks,,). Tak lama kemudian ketika lampu merah, si ibu pun kembali ngomong sama si nenek : “nek, coba minta uang tuh ke polisi (memang sedang ada polantas yg sedang bertugas mengawasi lalu lintas *ya iyyalah masa mengawasi ujian??). Berani gak, Nek?

Si nenek cuma agak memutar badannya sambil berkata :”teuing“. Dan lanjut ngomong ngalor ngidul dalam bahasa Sunda, merasa tidak bersalah sepertinya. Dan ibu2 itu pun lanjut menasihati gw (“masa ke cicalengka ga punya ongkos naek angkot ini, minta lima ribu pula, padahal kan ga sampe segitu, dst, dst…”). Ketika ibu2 itu turun dari angkot (dan entah apakah si ibu ini beneran ngasih tau sopir angkot soal nenek2 penipu itu sesuai niat awalnya), si nenek2 itu ngomongin si ibu itu sambil nyebut2 “tabrakan” (maklum gw ga ngerti bahasa Sunda), dan gw bertanya2 dalam hati apa si nenek itu nyumpahin si ibu itu ya? Si nenek keep talking Sundanese dan sudah ada beberapa pria berada dalam angkot itu. Nenek itu pun nanya gw dlm bahasa Sunda yg intinya “nyerocos apa aja tuh ibu2 tadi ?“. Lucunya, si nenek itu malah nganggap ibu2 si penyelamat gw adalah orang gila yg ngomong ga jelas. Padahal si ibu itu barusanlah yg menganggap si nenek itu gila karena nyerocos2 sendirian sepanjang perjalanan. Ketika si nenek nanya pertanyaan barusan ke gw, diterjemahkan oleh seorang bapak2 yg duduk di antara nenek itu dan gw, gw cuma memasang muka bingung dan pura2 ga ngerti (emang beneran gak ngerti!) apa yg dia omongin. Males deh berurusan dgn nenek2 agak kurang waras dan telah berusaha menipu gw. Untung saatnya gw turun bentar lagi, dan gw pun bisa turun dgn lega. Gw baru berani mengeluarkan dompet ketika mo bayar sopir angkot itu di jalanan.

Hahaha,, cukup lah soal tipu-menipu di angkot itu. Hati2 bagi kalian yg sering berangkot ria di Bandung. Mending ini mah nenek2 yg motifnya cuma boong, lah kalo motifnya sampe hipnotis segala?? Ya Allah,, jgn sampe kejadiaannn….

Nahh,,, sampe di Palasari, gw manggut-manggut kepala. Ooohhh… ternyata seperti ini toh ‘tampak’nya Palasari? Mirip seperti Kwitang dan Senen ternyata ya. Belum2 mulai mencari, gw udah mengehela napas berat. Sepertinya bakal terjadi perjuangan berat nih kalo gini. Singsingkan lengan baju, ketatkan ikat kepala, gw pun mulai mendatangi toko pertama terdekat yg terlihat besar. Too bad, gak ada buku yg gw cari. Next kios! Gak ada lagi. Seterusnyaaaa.. gw datengin tuh kios2 one by one,, ga ada semuaaaa… Sampe berbusa rasanya mulut gw, nyebut2 judul buku dan penulisnya ke tiap pedagang. Teteeepp ga ada! Aghhh,,, udah jam 4 pula. Pulang dgn tangan kosong (sebelumnya nanya dulu ke pedagang terakhir yg gw kunjungi klo ke Dago harus naek apa). Blom merasa putus asa, gw menuju Togamas. Kali2 aja ada. GAK ADA juga! Gilaaa nih buku langka banget! Yahhh,,, tp biar ngerasa gak pulang dgn tangan kosong, apa yg gw lakukan?? Ke FO (Factory Outlet)!! Hwahahaha,, yupp gw abis dari Togamas, langsung menuju Grande, liat2 baju. Hahahah,, tapi nemu bajunya di Blossom. Jadi ga pulang dgn tangan kosong kan?? Yaaayyy!! Pergi panas2 sampe pala pusing masa pulang dgn tangan kosong sih?? Niatan nyari buku malah dapetnya baju, gak beres (read : dasar cewek!). Hwehehehehe…

Gw blom nyerah kok. Gw harus tetep nyari nih buku! Next destination, perpus DKV, or perpus Unpad ama UPI sekalian gw jabanin. Whatever it takes! Sekian pengalaman gw ke Palasari. Pesan gw : tetap hati-hati ya klo naek angkot sendirian dan jauh pula. Hehehehe,,,🙂

N.B : BTW, klo ngerasa ada yg pernah baca buku “Effective Advertising” karangan Gerard J. Tellis di perpus or even punya bukunya,, harap kasih tau gw… Amat sangat butuh segera… ^^
effective advertising

One thought on “Pertamaxx Ke Palasari

  1. Dear Sister!
    Howdy? N how was Palasari? Just like Senen? Yup. Get the book or just walk? About the nenek-nenek…Yes be careful, coz I ever got in this trap. A kid. But…that’s life. Somehow we need to aware this.
    Bye…nice to see u here…

Leave a Reply

