OMG, OMD!!!!!

Suatu malam di dalam sebuah mobil, menuju BSM…

Pelaku : Eh, eh… kalian tau distro DOG INC. gak?
Penyimak 1 : (diam)
Penyimak 2 : (diam juga)
Pelaku : Distro DOG INC.,,, pada tau gak??
Penyimak 1 : ga tau
Penyimak 2 : ga tau juga
Pelaku : (baru menyadari kesalahan fatal memalukan yg baru ia buat)
Pelaku : (melotot sambil menepuk dahi sendiri) astagaaaa… maksud gw distro GOD INC.,,,, bukan DOG INC,…. hwahahahahahahahha
Penyimak 1 : HWAKAKAKAKAKKAKAKAKAKAKAKAKAKKA (sambil menutup mulutnya)
Penyimak 2 : HWAHAHAHAHHAAHAHHAHAHAHAHAAAAAA (sambil tetep nyetir)

Semenit kemudian…..

Pelaku :
heh, pada udah ketawanya!!! siallll….
Penyimak 2 : DOG INC., DOG INC….. hwahahahahahahahhah
Penyimak 1 : oh my GOD!!! oh my DOG!!!! hwahahahahahahahahah
Pelaku : (pengen nimpuk kepala kedua penyimak itu)

Advertisements

The inspiring “Shawshank Redemption”

Siapa yg nyangka, film keluaran thn 1994 ini, yg berjudul Shawshank Redemption, sampe hari ini masih menempati posisi nomor 1 di IMDb charts (Top 250) ? Yah, gw jg ga nyangka, padahal ini adalah jenis film drama dan tidak seperti film-film saat ini yang menggunakan sound effect dan animasi. Di IMDb, film ini diberi rating 9.1/10 (wew!). Dan setelah penasaran dgn filmnya, akhirnya kesampaian juga gw nonton, berkat pinjaman DVD dari salah satu anggota lansia, yaitu nenek Lionk (hehehe). Ceritanya ttg seorang banker bernama Andy Dufresne yang dituduh telah membunuh istri dan kekasih istrinya (a.k.a selingkuhannya) di tempat kediaman kekasih istrinya tersebut, padahal Andy mengaku tidak bersalah. Akhirnya penjara memutuskan ia dihukum di penjara selama dua kali hukuman seumur hidup (ga tau artinya berapa lama), satu karena telah membunuh istrinya dan satu lagi karena telah membunuh kekasih istrinya itu. Penjara yg ia tempati bernama Shawshank.

Selama 19 tahun ia bertahan, sampai pada akhirnya kebenaran terungkap. Tapi sayang, kebenaran tidak menjamin kebebasan. Di titik itulah, kesabarannya bisa dibilang sudah mencapai batasnya. Ia diam-diam melakukan pelarian diri yang tidak dinyana sudah ia rencanakan semenjak kedatangannya ke penjara itu. Itulah buah dari harapan yang ia telah pupuk selama ia di penjara.

Kelebihan dari film ini adalah nilai dan pesan yang terdapat di dalamnya. Sang tokoh utama, Andy, percaya bahwa harapan itu ada, jadi ia tidak pernah berhenti berharap. Aktingnya keren, luar biasa menurut gw. Ada juga nilai persahabatan, di mana dalam film ini, Andy bersahabat dgn seorang napi yg ketika ia menjadi napi baru telah menjalani masa hukumannya selama 20 thn, yg bernama Red. Sinopsis lebih lengkapnya dapat dibaca di link ini.

Yang jelas, film ini berbeda karena sangat inspiring buat siapa saja yang menonton. Tagline film ini menarik, yaitu : “Fear can hold you prisoner. Hope can set you free“. This is a must-see film!

Kontroversi Film 2012

2012

Baru aja gw baca info dari plurk dan twitter bahwa MUI mulai melarang masyarakat utk menonton film 2012 ini, bahkan sampe membawa2 soal izin peredaran film ini. Untung gw udah nonton sebelum film ini dilarang beredar. Hmm,, gw sebagai orang yg sudah menonton film ini tampaknya paham knp MUI sampe melarang. Karena pasti menurut mereka, film ini akan tampak seperti pembodohan masyarakat. Ending ceritanya ga sesuai dgn apa yg kita yakini dan pelajari selama ini dari kitab suci (yg gw tau AlQur’an ya, ga tau deh kalo Injil atau kitab2 lain mengajari soal kiamat bagaimana).

Kalo ada sutradara film ini di hadapan gw, gw pengen nanya ama dia, sebenernya apa tujuan dibikinnya film ini? Untuk membuat manusia segera tobat kah? Untuk manusia lebih memperhatikan kondisi bumi kita kah? Atau untuk menunjukkan masyarakat bahwa teknologi sudah sedemikian canggihnya sampe bisa mengetahui kapan dan bagaimana persis kiamat terjadi? Ketika gw nonton film ini sih, yg lebih keliatan adalah tujuan yg ketiga. Di film ini, teknologi bisa mengestimasi dgn tepat kapan kiamat terjadi hingga hitungan detik2nya segala, bisa menciptakan kapal sedemikian rupa yg tujuannya utk melindungi manusia dari benturan maha dahsyat di hari kiamat. Tuhan menciptakan manusia, sementara manusia menciptakan teknologi. Tapi di film ini teknologi kesannya bisa ‘mengalahkan’ Tuhan. Kenapa gw pake istilah ‘mengalahkan’? Karena tujuan hari kiamat kan adalah utk membinasakan bumi beserta isi2nya, termasuk manusia, dan juga tidak ada hari baru setelah hari kiamat (namanya juga kiamat itu disebut juga sbg hari akhir). Tidak ada satupun manusia yg bisa selamat di hari kiamat. Tapi di film ini, gak begitu ceritanya, berkat teknologi.

Nonton film ini memang bener2 harus pintarnya kita juga. Jangan 100% percaya soal 2012. Seperti yg udah gw pernah bahas di postingan sebelumnya mengenai kiamat 2012, sepintar-pintarnya manusia berhitung, gak akan ada yg tau persis kapan kiamat itu akan terjadi. Dan lucunya, kenapa tanggal kiamat bisa cantik seperti itu? Kalau memang akan terjadi sesuatu di thn 2012 itu, belum tentu berakhir kiamat kan? Kembali lagi, wallahu’alam, hanya Allah yg tahu. Kita, manusia hanya bisa berdoa dan berusaha.

Ya jadi, kita sebagai umat Islam yg beragama, yg tahu mana yg benar dan mana yg salah, ambil aja hikmahnya dari film seperti ini :

Kondisi bumi sudah sedemikian mengkhawatirkan, sebagian besar disebabkan oleh human error, kesalahan dan keserakahan manusia sendiri. Film ini mengingatkan bahwa bencana bisa terjadi dalam bentuk apapun dan kapanpun (sekali lagi, hanya Allah yg tahu). Jadi, kita sebagai manusia harusnya cepet2 segera tobat! Bukan cuma tobat jadi banyak beribadah, tapi juga tobat jgn rusak bumi ini lagi! Bantu bumi jadi makin awet dong.

Hmm,, mungkin supaya MUI gak ribut, sekalian aja pake peringatan terlebih dahulu di awal film ini, bahwa ini hanya cerita fiksi belaka, ending film ini tidak mungkin sesuai dgn kenyataannya nanti, dan ini mungkin hanya sepersekian dahsyatnya dari kiamat yg sebenarnya. Buat gw, film ini hanya sekedar hiburan karena gw penikmat film dgn sound effect keren, dan menurut gw efek n animasi yg digunakan utk film ini keren!

After Jogging…

Segeeeeeerrrr… Yeah, that’s what I’m feeling right now. Rahasianya bisa seger pagi2 gini adalah…. yup, that’s right, lari pagi cuy! Udah dua minggu lebih gw ga lari pagi. Dulu, gw hobi lari pagi walaupun sendirian. Di masa2 emasnya gw saat itu, gw jogging seminggu rutin 2 kali. Tapi, sekarang susah bgt mata bisa melek jam 6 pagi, karena gw biasanya skrg tidur di atas jam 12 malem selalu. Nah, walaupun begitu, biasanya gw rela susah2 bangun pagi asal ada temen joggingnya. Tapi, kan, sekarang kebanyakan anak2 yg udah lulus dr oktober kmrn udah pada cabut dr bandung. Jadi akhir2 ini gw lari ditemani para anggota lansia (read : jabol n mikko), walaupun cuma bisa hari kamis pagi or pernah sekali minggu pagi (yg gak gw suka krn klo jogging d sabuga hr minggu pagi udah kayak cendol, rame pisan, dan yg seneng cuma para dua cowok lansia itu yg bisa ngeceng!). Tapi itupun ga rutin seminggu sekali.

Untungnya, semalem ada yg berbaik hati, Shany, menawarkan lari pagi bareng. Jadilah, lari pagi hari ini! Ga disangka, walaupun udah lama ga lari pagi, gw sanggup juga lari pagi selama 30 menit tanpa berhenti. Ini didukung juga oleh faktor cuaca. Krn bandung sekarang lg sering2nya adem ayem, jadi jam 7 matahari pagi belum terasa. Waahhh cuacanya oke bgt deh td. Udaranya ga dingin n jg gak panas.

Udah 30 menit, gw dan Shany istirahat dan melakukan obrolan yg cukup berbobot (hehe). Kami ngomongin soal pola makan sehat dan cara2 sit up atau angkat beban yg bisa membantu terbentuknya otot2 tubuh kita (terutama perut!!!!). Gw jadi sadar, bahwa gw udah lama ga memperhatikan pola makan gw. Yah, masih terkontrol sih, tapi gak sekontrol gw dulu. Dulu gw bener2 ngitung bahwa sehari hrs minum minimal 2 liter air. Sekarang udah masa bodoh. Dulu minimal seminggu 2 kali minum susu non-fat, sekarang udah jaraaaaang bgt minum susu. Dulu gw rajin 1-2 kali jogging dan 1 kali aerobik dalam seminggu. Sekarang udah ga pernah aerobik. Hahahaha..

Jadiii,, setelah obrolan kami pagi itu, gw dan Shany bertekad, utk kembali menggalakkan olahraga rutin plus sit up sendiri rutin sendirian di kamar, pola makan sehat teratur, dan minum air putih minimal 2 liter sehari! Yak, mari kita galakkan kembali!

Berlayar Bersama “PERAHU KERTAS”

perahu kertasEntah sudah berapa lama gw tidak membaca novel. Lebih dari 6 bulan yg lalu rasanya (thanx to TA). Padahal itu merupakan kegiatan favorit gw di setiap waktu luang. Terima kasih pada Karinidya yg karena sudah lulus dan menganggur (gw doakan lo dapet kerja di perusahaan oke dalam waktu dekat!! 🙂 ), membeli novel PERAHU KERTAS ini dan meminjamkanya ke gw. Kata Karin, “bacaannya ringan, cong, seringan perahu kertas“. Well, that’s what I need right now. Bacaan yg tidak berat2 amat. Nah,, berhubung gw pengguna otak kanan yg lebih suka menulis dalam bentuk point2 (hmm.. mang berhubungan yak, antara otak kanan dan menulis dalam bentuk poin2??? entah,,, hehehe), gw list aj ya,, apa-apa aja yg menurut gw nilai2 plus yg ada di novel Dewi Lestari yang satu ini.

1. Gaya bahasa
Gw adalah tipe orang yg menilai novel pertama kali dari gaya bahasanya. Kalo gaya bahasanya gak cocok, gw bisa bosan bacanya. Tapi kalo cocok, tidak terlalu formal dan berat, pasti akan nyantol dgn hati saya. Sejak halaman pertama, gw udah suka dgn gaya bahasa di novel ini. Ringan tapi berbobot. Puitis tapi tidak membosankan. Bijaksana tapi tidak terkesan berat. Begitulah menurut gw. I love it!

2. Alur cerita
Alur cerita nya jelas. Membuat kita turut mengalir. Membuat kita enak membacanya. Ga pake pusing dan ribet. Sederhana. Gak ada satupun plot yang membosankan. Satu subbab gak dibikin terlalu panjang. Gw membaca ini hanya dalam hitungan kurang dari 48 jam (dipotong waktu tidur, mandi, makan dan pergi ke kampus bentar *info yg kurang penting sebenarnya, hahaha). Intinya, alurnya pas, gak kerasa aja, tiba2 udah baca sekian ratus halaman.

3. Karakter tokoh yang unik dan kuat
Dua tokoh utama yg diceritakan di novel ini adalah Kugy dan Keenan. Dari namanya saja sudah terlihat keunikannya. Kugy dikarakterkan punya kepribadian aneh tp ekstrovert, cuek dan berantakan tp pada dasarnya cantik, selalu ceria, penuh khayalan, pintar menulis dan ingin jadi juru dongeng. Sementara Keenan dikarakterkan sebagai orang yg penyendiri, pintar melukis, tampan, spontan, pintar, dan artistik. Kugy bisa menulis tapi tidak bisa menggambar. Sebaliknya, Keenan bisa menggambar namun bisa menulis.

Dee bercerita bahwa dalam novel ini, sejak awal, dy berusaha utk membuat kedua tokoh utama (Kugy dan Keenan) yang berdiri di dua buah kutub yang berlawanan bisa bertemu di tengah segala kemustahilan. Dan itulah yg dia lakukan. Kedua tokoh ini memang diceritakan saling melengkapi. Mereka punya dua impian yg berbeda yang uniknya dapat diwujudkan menjadi satu karya bersama.

4. Cinta, persahabatan, dan impian
Jika disuruh menceritakan inti dari novel Perahu Kertas ini, gw akan menuliskan : cinta, persahabatan, dan impian. Ya, inti utamanya memang klasik. Cinta. Cinta ditambah persahabatan membuat kisah makin rumit dan berbumbu. Tapi, bukan cuma itu yg diceritakan oleh Dee di buku ini. Ada impian. Proses bagaimana seseorang berjuang dan konsisten dalam meraih impiannya. Alasan mengapa kita kadang melalaikan impian kita karena tidak realistis jika kita mewujudkan impian itu di dunia nyata. Salah satu dari sekian banyak kutipan percakapan dalam novel yg saya sangat sukai yaitu : “berputar menjadi sesuatu yang bukan kita demi menjadi diri kita lagi”. Setelah membaca buku ini, orang gak cuma dapat hiburan, tapi juga bisa dapat sesuatu, just like a lesson.

5. Cover
Memang, “don’t judge the book by its cover“. Tapi menurut gw yg lebih tepat peribahasa itu harusnya berbunyi “don’t judge the book by ONLY its cover“. Menurut prinsip gw yg gw anut selama gw kuliah di TI, packaging is very important. Kemasan itu penting! Kalo kemasan gak menarik, mana ada konsumen yang tertarik utk mencoba. Nah, sebelum gw baca dan direkomendasikan oleh teman utk membaca novel ini, ketika gw pertama kali melihat buku ini dipajang di toko buku ketika perdana diterbitkan, gw menyukai covernya. Lucu. Hehe. Terus melihat nama penulisnya yg tidak asing lagi, makin membuat gw tertarik utk ingin membacanya suatu saat nanti (satu hal yg mencegah gw utk membelinya saat itu juga adalah.. eng ing eng.. TA!).

6. Emosi
Jujur, ketika membaca novel ini, emosi gw jg ikut main. Gaya bahasa Dee sangat mendukung emosi gw bermain. Kadang tertawa, kadang juga berkaca-kaca. Sedikit novel yg bisa bikin gw ikutan membawa emosi di dalamnya. This novel is one of them.

Yah,, itu semua yg gw suka dari novel Perahu Kertas ini. Begitu tau bahwa sebenernya buku ini sudah diterbitkan dari tahun lalum namun dalam format digital. Langsunglah gw search PDF-nya. Dan nemu! Heheh, langsung deh gw donlod. Free lagi, hehehe. Bagi yg belum menikmati novel ini, atau masih ragu-ragu, bacalah! Gak bikin kecewa deh. Menghibur dan memberi kita pelajaran juga.

Oiya, sejak masih dalam tahap membaca novel ini, gw udah hampir yakin bahwa novel ini pantas dijadikan sebuah film. Dan feeling gw mengatakan bahwa buku ini pasti akan di-film-kan. Tampaknya dugaan gw menuju ke kebenaran. Tadi gw googling utk mencari gambar dari cover novel ini, dan ternyata di situs Kompas terdapat bahasan mengenai penjelmaan novel Perahu Kertas menjadi sebuah film. Bener kan feeling saya? Hehe. Entah apakah akan sebagus novelnya filmnya nanti. We will see…..

Jenis-jenis Ketawa

Sekarang udah jamannya serba teknologi dan dunia maya. Mulai dari HP. Orang jadi demen SMS-an. Trus, YM pun mulai tenar. Orang pada chat-chat-an. Lalu muncul FS dan kini yg lagi booming2nya FB. Orang nulis di wall, nulis komen2 post dan status. Ga berenti sampe situ, orang juga jadi seneng nge-blog. Dan sekarang ada media lain buat kita menyampah yaitu di Plurk dan Twitter.

Intinya, jari-jari kita jadi semakin lincah aja makin kesini ya? Semua pembicaraan dan obrolan yg tadinya lewat mulut ke mulut sekarang bisa hanya dengan menggunakan jari. Apalagi sekarang yg serba mobile. Gak cuma obrolan, orang ketawa pun juga harus tampak dong dalam bentuk tulisan. Nahhh… nyadar gak sih? Sekarang suara tawa bukan cuma “hahahaha” atau “hehehehe” aja? Mari kita lihat, biasanya klo orang ketawa dan mengkomunikasikannya lewat tulisan di dunia maya itu seperti gimana aja sih…..

1. Hahahahaha atau Hwahahahaha atau Nyahahahahahah
Ini udah sangat biasa dan umum. Orang udah ngerti ini, bahwa orang yg menulis ini artinya sedang tertawa karena sesuatu yg lucu. Kalo yg “nyahahahahaha” itu kayanya ketawanya orang bersuara melengking ya??

2. Hehehehehe atau Hweheheheh
Kalo ada orang yg nulis ini, jelas maksudnya adalah orang itu sedang tertawa sambil nyengir, atau untuk membuat sebuah percakapan menjadi terlihat tidak serius.

3. Hihihihihihi
Ketawa ini jelas seperti ketawa setan. Maka dari itu, klo ada yg menulis “hihihihi”, artinya dy sedang menertawakan ide jahil atau orang tersebut memang sedang berusaha bertransformasi menjadi hantu2 di dunia ‘maya’.

4. Hohohohoho
Kalo di film or buku cerita, yg tertawa seperti ini adalah Santa Claus. Jadi klo orang nulis “hohohoho” artinya apa? Hmmm.. kayaknya artinya orang yg menulis “hohohoho” itu sedang tertawa karena baru saja mengetahui sesuatu. Biasanya kan klo kita baru mengetahu sesuatu, kita menulis “hooo…”. Nah, bila dilanjutkan menjadi ketawa, jadinya “hohohoho”. Iya kali ya??

Nahhh… empat jenis ketawa yg di atas itu udah biasa dan wajar kan?? Coba liat jenis2 tulisan tertawa di bawah ini.

5. Akakakakakakak atau Wakakakakakaka
Nah… pertama kali gw melihat tulisan ketawa jenis ini adalah dari partner KP gw. Menurut gw, orang yg nulis gaya ketawanya seperti ini artinya orang itu tertawanya bener2 ngakak. Sengakak lebih tinggi daripada “hahahahaha”. Entah.

6. Wkwkwkwkwkwkwk
Nah ini tertawa model baru. Gw heran awal2nya melihat tulisan ini. Ini tertawa apaan yak? Gimana membunyikan tawa jenis ini coba? Heran, dari mana sih asalnya ini??? Apa ini ketawanya bebek?? Wekwekwekwek???????

7. Kekekekekek
Perasan gw pernah liat ada org yg menulis ini di YM. Mungkin karena ada “hahahahah” dan “kakakakak”,, maka “hehehehe” juga punya teman yaitu “kekekekekek”. Mungkin orang yg ketawa seperti ini adalah orang yg ketawa saking gelinya hingga leher nyaris kecekek???????

8. Xixixixixixixi
Sumpah, gw ga ngerti ketawa ini. Ini ketawa sambil apa sih? Sambil mendengus kah? Kalo diucapin secara biasa,, berasa orang lg ngomong bahasa Mandarin….

9. Hwhwhwhwhwhwhwhw
Nah ini aneh lagi. Ini ketawa jenis apa lagi? Gimana membunyikannya? Ketika gw mencoba membunyikannya, menyuarakan huruf H dan W dalam sekali tarikan napas ketawa, kok bunyinya jadi seperti “huehuehuehuehue”?? Asal kata “hue”? Atau “huek”? Mo muntah dong itu? Jadi ini ketawa sampe mo muntah?????

Hahahah,,, ga ada yg salah sih. Terserah, ini kan negara bebas. Orang mo nulis ketawa mereka dgn cara apapun yg mereka suka. Apalagi tertawa itu menyehatkan… Iya toh??? Heheheheh

Terserah

Di suatu perjalanan dari Kebon Jeruk menuju Serang (bisa bayangin kira2 lama perjalanannya?) di malam hari yang gerah…
Tepatnya, di dalam sebuah bis non-AC yg sudah menyerupai kaleng kerupuk jika dilihat dari luar….
Kami berempatlah kerupuk2 yg digantungnya. Kerupuk yg mulai melempem karena terkena angin sejuk dari luar jendela. Sementara kerupuk2 lain yg mengaku bergender lelaki (mang kerupuk punya gender??), enak2an duduk sambil memejamkan mata (kerupuk juga punya mata?).

Percakapan heboh pun terjadi (kerupuk bisa ngomong sekarang)…

Gw : Eh Cep, klo gw mo bikin tempat makan, ntar gw kasih nama tempatnya “TERSERAH“…

Cepita : kenapa?

Gw : soalnya tiap kali ngajak orang makan pasti nanya “mo makan dimana?”, trus semuanya pasti pada jawab “terserah”… ya sekalian aja gw bikin tempat makan namanya “TERSERAH”, biar orang2 ya pada langsung makan ke situ… hwahahahahah

Cepita : hahahaha,, dodol!! eh, sama kita…

Gw : sama apa?

Cepita : gw jg kepikiran, klo punya butik, mo gw kasih nama “RAHASIA“. Jadi ntar klo ada yg nanya “bajunya beli dimana?”, trus dijawab “rahasia!”, nah berarti secara gak langsung promosiin butik gw tuh…

Gw : hwahahahahaha…. bener jugaaaaa

Cepita pun memanggil dua kerupuk lain…

Cepita : eh, eh, Ndah, Yas, si icong mo bikin nama tempat makan namanya “terserah” trus gw mo bikin butik namanya “rahasia”..

Gw : Iya, ntar klo orang pada mo makan, “makan dimana?”, “terserah”, nah langsung ke tempat makan gw kan??

Cepita : Kalo gua, “beli baju dimana Jeng?”, “rahasia!”

Tias dan Indah : (ketawa-ketawa)

Tias : eh kayak temen gw tuh, punya butik namanya DC2, bacanya ‘disitu’. Misal “beli baju dimana?”, ntar jawabnya “disitu (DC2), tuh…”

Gw dan Cepita : (ketawa ngakak2 bareng)

Indah : klo gw mah, ntar mo bikin butik namanya “Kasih Tau Gak Ya?

Gw, Tias, dan Cepita : Hah?

Indah : Iya, soalnya pasti gw jawab gitu. “Beli dimana bajunya?”, biasanya kan orang jawab “kasih tau gak ya?”

Gw : (gw gak pernah deh ngomong “kasih tau gak ya?”, wah cacat..)

Indah : nama butiknya kan jadi “kasih tau gak ya” butik, trus gw singkat jadi “Ks Tw G Y” butik…

GUBRAK!!!!!!

Kami berempat mulai ngakak2 gak jelas… Ahahahha,,, dodol banget kita,,, membuat keributan gak jelas di tengah kaleng kerupuk gini. Biarin lah, walaupun para lelaki yg enak2an duduk itu merasa terganggu dgn suara tawa kami, yg penting buat kami yg berdiri ini, rasa lelah menjadi tak terasa…