Kontroversi Film 2012

2012

Baru aja gw baca info dari plurk dan twitter bahwa MUI mulai melarang masyarakat utk menonton film 2012 ini, bahkan sampe membawa2 soal izin peredaran film ini. Untung gw udah nonton sebelum film ini dilarang beredar. Hmm,, gw sebagai orang yg sudah menonton film ini tampaknya paham knp MUI sampe melarang. Karena pasti menurut mereka, film ini akan tampak seperti pembodohan masyarakat. Ending ceritanya ga sesuai dgn apa yg kita yakini dan pelajari selama ini dari kitab suci (yg gw tau AlQur’an ya, ga tau deh kalo Injil atau kitab2 lain mengajari soal kiamat bagaimana).

Kalo ada sutradara film ini di hadapan gw, gw pengen nanya ama dia, sebenernya apa tujuan dibikinnya film ini? Untuk membuat manusia segera tobat kah? Untuk manusia lebih memperhatikan kondisi bumi kita kah? Atau untuk menunjukkan masyarakat bahwa teknologi sudah sedemikian canggihnya sampe bisa mengetahui kapan dan bagaimana persis kiamat terjadi? Ketika gw nonton film ini sih, yg lebih keliatan adalah tujuan yg ketiga. Di film ini, teknologi bisa mengestimasi dgn tepat kapan kiamat terjadi hingga hitungan detik2nya segala, bisa menciptakan kapal sedemikian rupa yg tujuannya utk melindungi manusia dari benturan maha dahsyat di hari kiamat. Tuhan menciptakan manusia, sementara manusia menciptakan teknologi. Tapi di film ini teknologi kesannya bisa ‘mengalahkan’ Tuhan. Kenapa gw pake istilah ‘mengalahkan’? Karena tujuan hari kiamat kan adalah utk membinasakan bumi beserta isi2nya, termasuk manusia, dan juga tidak ada hari baru setelah hari kiamat (namanya juga kiamat itu disebut juga sbg hari akhir). Tidak ada satupun manusia yg bisa selamat di hari kiamat. Tapi di film ini, gak begitu ceritanya, berkat teknologi.

Nonton film ini memang bener2 harus pintarnya kita juga. Jangan 100% percaya soal 2012. Seperti yg udah gw pernah bahas di postingan sebelumnya mengenai kiamat 2012, sepintar-pintarnya manusia berhitung, gak akan ada yg tau persis kapan kiamat itu akan terjadi. Dan lucunya, kenapa tanggal kiamat bisa cantik seperti itu? Kalau memang akan terjadi sesuatu di thn 2012 itu, belum tentu berakhir kiamat kan? Kembali lagi, wallahu’alam, hanya Allah yg tahu. Kita, manusia hanya bisa berdoa dan berusaha.

Ya jadi, kita sebagai umat Islam yg beragama, yg tahu mana yg benar dan mana yg salah, ambil aja hikmahnya dari film seperti ini :

Kondisi bumi sudah sedemikian mengkhawatirkan, sebagian besar disebabkan oleh human error, kesalahan dan keserakahan manusia sendiri. Film ini mengingatkan bahwa bencana bisa terjadi dalam bentuk apapun dan kapanpun (sekali lagi, hanya Allah yg tahu). Jadi, kita sebagai manusia harusnya cepet2 segera tobat! Bukan cuma tobat jadi banyak beribadah, tapi juga tobat jgn rusak bumi ini lagi! Bantu bumi jadi makin awet dong.

Hmm,, mungkin supaya MUI gak ribut, sekalian aja pake peringatan terlebih dahulu di awal film ini, bahwa ini hanya cerita fiksi belaka, ending film ini tidak mungkin sesuai dgn kenyataannya nanti, dan ini mungkin hanya sepersekian dahsyatnya dari kiamat yg sebenarnya. Buat gw, film ini hanya sekedar hiburan karena gw penikmat film dgn sound effect keren, dan menurut gw efek n animasi yg digunakan utk film ini keren!

3 thoughts on “Kontroversi Film 2012

  1. kadang2 MUI suka lebay deh cong.. emang masyarakat Indonesia segitu bodohnya ya sampe urusan mencerna film bginian doank mesti diberi arahan.. ya tuhan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s