The inspiring “Shawshank Redemption”

Siapa yg nyangka, film keluaran thn 1994 ini, yg berjudul Shawshank Redemption, sampe hari ini masih menempati posisi nomor 1 di IMDb charts (Top 250) ? Yah, gw jg ga nyangka, padahal ini adalah jenis film drama dan tidak seperti film-film saat ini yang menggunakan sound effect dan animasi. Di IMDb, film ini diberi rating 9.1/10 (wew!). Dan setelah penasaran dgn filmnya, akhirnya kesampaian juga gw nonton, berkat pinjaman DVD dari salah satu anggota lansia, yaitu nenek Lionk (hehehe). Ceritanya ttg seorang banker bernama Andy Dufresne yang dituduh telah membunuh istri dan kekasih istrinya (a.k.a selingkuhannya) di tempat kediaman kekasih istrinya tersebut, padahal Andy mengaku tidak bersalah. Akhirnya penjara memutuskan ia dihukum di penjara selama dua kali hukuman seumur hidup (ga tau artinya berapa lama), satu karena telah membunuh istrinya dan satu lagi karena telah membunuh kekasih istrinya itu. Penjara yg ia tempati bernama Shawshank.

Selama 19 tahun ia bertahan, sampai pada akhirnya kebenaran terungkap. Tapi sayang, kebenaran tidak menjamin kebebasan. Di titik itulah, kesabarannya bisa dibilang sudah mencapai batasnya. Ia diam-diam melakukan pelarian diri yang tidak dinyana sudah ia rencanakan semenjak kedatangannya ke penjara itu. Itulah buah dari harapan yang ia telah pupuk selama ia di penjara.

Kelebihan dari film ini adalah nilai dan pesan yang terdapat di dalamnya. Sang tokoh utama, Andy, percaya bahwa harapan itu ada, jadi ia tidak pernah berhenti berharap. Aktingnya keren, luar biasa menurut gw. Ada juga nilai persahabatan, di mana dalam film ini, Andy bersahabat dgn seorang napi yg ketika ia menjadi napi baru telah menjalani masa hukumannya selama 20 thn, yg bernama Red. Sinopsis lebih lengkapnya dapat dibaca di link ini.

Yang jelas, film ini berbeda karena sangat inspiring buat siapa saja yang menonton. Tagline film ini menarik, yaitu : “Fear can hold you prisoner. Hope can set you free“. This is a must-see film!

One thought on “The inspiring “Shawshank Redemption”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s