Today’s Lesson : TArget dan TujuAn

Lately, gw ngerasa gak ada mood dan inspirasi yg pas utk menulis di blog ini. Makanya lg jarang update kan? Bahkan kerjaan paling mudah dalam ngeblog yg gw lakukan, yaitu menulis resensi film or buku pun rasanya malas (speaking of, film yg terakhir gw tonton adalah Sherlock Holmes, and it is sooooo cool, hehe). Ada seorang teman yang baru sidang minggu lalu bilang gini ke gw: “gimana TA lo? Gw baca di blog lo, jalan2 mulu isinya“. And I don’t understand which part of “jalan2” yg dy maksud di blog gw. Gw cek2 isi blog gw, akhir2 ini isinya mostly cuma antara resensi film or buku. Dan gw gak ngerasa sering jalan2. Well, gw emang banci nonton sih, abisnya tawaran nonton sering datang (alah, sok exist, wkwkwkwk), dan gw ga sanggup menolak. Tapi, biasanya gw mo nonton hanya kalo sore atau malem, so gw bisa ne-a dulu sampe sorenya. Jadi gw bs nonton tanpa merasa bersalah. Lagipula masih ada orang lain yg lebih sering nonton dr gw, dan gw gak se-update orang itu soal perfilman (ups, ngomongin buddy sendiri deh, hehe). Itu maksudnya ya, “jalan2″nya gw mulu? Okke deh kalo beggitu, sooo kali ini isi blog gw bkn ttg film or buku, tp tentang TA gw. Jadi, gw ga dituduh jalan2 mulu kan?

Alhamdulillah TA gw maju dgn sangat2 lumayan dibandingkan dgn 30 hari yg lalu. Dalam 3 hari, 100 data (jumlah sampel minimum) diperoleh, Alhamdulillah, tentunya berkat bantuan semua teman2 dlm mengisi dan menyebarkan kuesioner (jadi ngerasa beruntung bgt bisa punya banyak sahabat yg membantu). Makasih yaaaa… Kalo bisa 150 data terkumpul seminggu ini. Trus, klo udah, minggu depan bisa olah data, minggu depannya lagi bisa analisis, kesimpulan, dan saran. AMIN, YA ALLAH…

Dalam hati menargetkan dalam maksimal 30 hari, draft TA gw bisa rampung sampe kesimpulan dan saran, trus sidang. Guys, doain ya! Target or tujuan mungkin sulit utk dicapai, tapi bukan berarti tidak mungkin bisa dicapai. Contoh sederhana adalah ketika gw lari pagi hari ini. Temen jogging gw itu suka gonti-ganti orangnya. Tapi basically, temen lari pagi gw terbagi ke dua kelompok. Tipe pertama adalah tipe teman yang meski berangkat atau pulang bareng, tp lari di treknya pisah, sendiri-sendiri, contohnya adalah si toil, si hafiz a.k.a HK a.k.a bron a.k.a dong a.k.a ong1 (buset, gw br nyadar banyak bgt nama aliasnya nih orang), si buddy a.k.a jabol, dan si anu a.k.a anugrah. Tipe kedua adalah yang memilih utk lari bareng2 selama di trek, seperti contohnya si nenek lionk, si shany, si andra, dan si embah mikko. Gw sih gak masalah, mo lari bareng2 or sendiri2, tp buat gw pribadi, gw lebih suka lari bareng2, coz jadi ga mudah menyerah utk berhenti lari. Nah, today gw diajak lari sama si andra ini. Biasanya kalo ama dia, kita lari bareng2 10 putaran selama 30 menit, trus diakhiri jalan 2 putaran.

Karena gw baru tidur jam 3 pagi (gara2 baru sampe kosan jam segitu abis dari numpang ngerekap kuesioner TA, donlod, n nonton serial di lab orang bersama si mbah di kampus dari sore), so totally baru tidur selama 3 jam-an lah, gw ngerasa bisa 8 putaran aja hari ini udah syukur Alhamdulillah deh. Ditambah lagi, semalem, tepatnya jam 12-an malem, gw abis minum pepsi-nya tony jack’s (walaupun diberduain porsinya), walhasil perut terasa agak aneh jadinya, ga sempet minum air putih dulu sblm lari coz buru2 gara2 telat bangun. Nah, pas lari, baru putaran ke-4 udah ngerasa capek, jadilah gw nanya:

Gw : “mo berapa nih? 8 putaran?”
Andra : “kan biasanya 10?”
Gw : “hehe, lupa gw (padahal enggak), gw kira 8, hehe.. hosh, hosh..”.
Andra : “napa? udah capek lo?”
Gw : “hah? enggak… hhh… hhh..(padahal udah mulai capek…)”

Masalahnya, kecepatan lari gw ama dia itu lebih cepet dari kecepatan biasanya klo gw lari sendiri, jd kerasa lebih cepet capek tadi. Ketika sampe 8 putaran, gw udah mikir2, apa gw berenti aja ya? Inipun blom sampe 30 menit. Tapi, gw tahan2in, mindsetting otak gw bahwa 2 putaran lagi itu tinggal sedikit lagi. Putaran ke-9 lewat, mau 10 nih, pinggang gw kerasa sakit. Udah mo nyerah.

Gw : “Ndra, gw udah ya? Ga kuat gw.”
Andra : “Ayo, cong, 1 putaran lagi, dikit lagi nih.”
Gw : “Hadooo… okeh (challenge accepted!), tp pelanan dikit yak”

Kenapa gw gak jadi memutuskan utk berhenti, padahal udah mo tewas saat itu juga? Well, karena entah kenapa gw menganalogikan kondisi lari gw saat itu dgn TA gw. Gw udah dari awal nargetin 10 putaran, walaupun kondisi badan lg sedikit aneh gara2 si softdrink dan juga kurang tidur bgt, sehingga 10 putaran hari ini terasa sangaaaaaat berat bwt gw (biasanya gak seberat ini, 16 putaran aja pernah sekali waktu itu *well, dgn akibat gw gak sanggup jalan selama seharian hingga besoknya. Gak segitunya sih, haha, mo copot aj rasanya, emang lebay gw, enggak lagi deh gw lari 16 putaran, kapokkkkk). Karena target 10 putaran, maka gw harus bisa 10 putaran dong. Ditambah lagi si andra percaya bahwa gw BISA. So, klo gw bisa memenuhi 10 putaran itu, meski udah mo tewas rasanya, harusnya gw jg bisa memenuhi target TA gw (haha,, self-motivation nih). Kami pun sedikit melambatkan kecepatan lari kami, hingga pada akhirnya, 10 putaran terpenuhi dalam waktu kurang dari 30 menit! Yaaaayyy…

Jadi rumus umumnya adalah: tetapkan target, fokus pada tujuan, ditambah dukungan dari lingkungan sekitar (e.g. teman2 kita), insya Allah target sesulit apapun bisa tercapai, amiiiiinnn…

Sekarang gw mo tidur dulu bentar, lalu lanjut rekap data kuesioner lagi sambil belajar LISREL, supaya malam ini bisa tidur lebih cepat karena besok senin pagi diajak lari lagi (kali ini sama si brondong gila), hyahahaha… mumpung ada temen lari, hajar ajaaa… I need u all to wish me luck in reaching my target this month, OK!!

6 thoughts on “Today’s Lesson : TArget dan TujuAn

  1. “Jadi rumus umumnya adalah: tetapkan target, fokus pada tujuan, ditambah dukungan dari lingkungan sekitar (e.g. teman2 kita), insya Allah target sesulit apapun bisa tercapai, amiiiiinnn…”

    ayoo cong,,,
    semesta mendukungmu..!!😉 siA bgt yaah.. hehe..
    duuh, tia jd pengen ngasih puisi tia pas siA ke elo deeh,, ntar tia cari2 dulu,, mudah2an masih ada😀

Leave a Reply

