Bias

Pihak satu kecewa karena merasa tidak bersalah tetapi dikenai vonis hukuman. Sementara pihak kedua yang menjadi korban merasa kecewa karena merasa hukuman pihak satu masih termasuk ringan dan tidak sebanding dengan apa yang menurut pihak dua telah dilakukan oleh pihak satu.

Publik juga masih bingung di mana sebenarnya kebenaran berpihak. Hanya pihak satu dan Tuhan yang tahu. Ya, saya termasuk orang yg tidak begitu percaya dengan status pihak satu yang dinyatakan bersalah. Dulu saya berpikir, pihak satu mungkin memang benar terlibat suatu skandal, tapi sangat mungkin kan, ada pihak lain (katakan lah pihak ketiga yang mungkin benar2 bersalah) yang memusuhi pihak satu (secara pihak satu ini sudah memberantas banyak koruptor, dan pasti ada pihak yang membenci atau memusuhi dia). Pihak ketiga ini kemudian menciptakan skenario pembunuhan yang memanfaatkan skandal dimana pihak satu terlibat sebagai motif pembunuhan. Soalnya, gak habis pikir sih saya, masa HANYA karena masalah cewek, pihak satu yang memiliki jabatan sepenting dan setinggi itu sampai membunuh orang? It just seems doesn’t really make sense in my mind since the beginning. Padahal pihak satu merupakan orang yang memiliki tugas memberantas salah satu bentuk kejahatan. Hadooh…

Masih gak tau, siapa yang benar2 bersalah dan siapa yang tidak bersalah. Bias. Baru-baru ini saya menonton film Edge Of Darkness. Film itu dan beberapa film2 luar negeri yang lain tampak melihatkan hebatnya detektif-detektif di negeri sana dalam memecahkan kasus pembunuhan, dalam mencari bukti-bukti kuat, dan dalam menangkap orang yang benar-benar bersalah. Apa di Indonesia ada defektif yang seperti di film2 itu? Andaikan saja ada….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s