Lentera Jiwa : Passion

A friend of mine just tagged me in a video at FB. The video is a video clip of nugie’s song, titled LENTERA JIWA. It’s a nice song with nice lyric and nice clip too. In the beginning of the clip, there’s a writing “Lentera Jiwa : PASSION”. Yep, this song tells about PASSION.

Apa sih passion itu? Kalo cari di kamus sih, artinya ya hasrat. Hasrat yang asalnya dari hati nurani kita. Passion adalah sesuatu yang kita suka. Many people still haven’t found out their REAL PASSION are. Akibatnya, banyak orang yang melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak mereka sukai. Banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan apa yang mereka ingini. Jika ingin bahagia, harusnya ikuti kata hati, karena kata hatilah yang paling murni dan paling jujur diantara semua jenis perkataan. Tapi, kalau kita belum tau kata hati kita gimana?

Gw sendiri, blom yakin what my real passion is. If someone asks me now, “lo mo kerja dimana nanti pengennya?“. Gw saat ini most probably akan jawab “gw pengen banget kerja di perusahaan minyak, yg jelas gw sebisa mungkin ga mau kerja di bank coz gw ga ngerasa itu adalah bidang gw“. Gw memang merasa tertarik utk kerja di perusahaan minyak (maybe because my dad worked there too? One of the reasons…). But I’m not sure, apakah gw akan suka jika bekerja di perusahaan minyak. Dan, belum tau juga kalo ujung2nya gw justru nanti kerja di bank. Belum tau…

Lagu nugie yg berjudul Lentera Jiwa itu mengajarkan pada kita untuk “melakukan apa yang kita suka” dan “follow your passion“. Yupp, bener banget. Yang penting adalah suka atau tidaknya kita pada pekerjaan yg kita lakukan. Gaji kecil pun gak masalah asal kita suka melakukannya. Tapi ya, gw memang belum tau passion gw apa sebenernya. For now, one thing I really like to do is writing. Gw suka menulis. Gw menemukan hobi menulis semenjak SMA (ketika guru bahasa gw menyuruh gw utk mengikuti lomba karya tulis, and Alhamdulillah I won it). Lalu, setiap kali membaca novel, gw ingin sekali merasa bisa menulis seperti mereka. But I think I will never become a novel author since my imagination skill is very limited. Novel writing is not my stuff. Free writing is what I can do for now. Menulis dgn gaya bebas. Ya, seperti menulis di blog ini. Mungkin kalo jadi penulis, gw paling cocok jadi penulis artikel kali ya? But the thing is, I’m not sure whether I’m a good writer or not. Do you think I’m good at writing? Do people think so? Gw nyadar, masih banyak orang lain yg lebih jago menulis dibandingkan dgn gw. Ga usah jauh2 gw kasih contohnya. Temen2 gw sendiri, seperti Gita, Novi, dan Dwi. Sometimes (okay, maybe often), I wish I could write as good as you do, guys. Sometimes I could write a poem as good as Karin do, too (hehe). I’m suck at writing poems, FYI. Kalaupuuun ingin jadi penulis novel, I want to be like Adhitya Mulya. Gw suka gaya bahasa Adhitya Mulya karena sangat santai, humoris, dan tidak membuat orang lelah ataupun bosan untuk membaca tulisannya dari awal hingga akhir.

So, that’s why I use this blog. Tujuan utama gw bikin blog ini BUKAN buat curhat online (gw ga gitu suka blog jd ajang curhat online, tp gw akui gw sendiri klo lg setress kadang curhat online juga ujung2nya). Tujuan utama gw bikin blog ini selain utk menyalurkan hobi menulis gw, juga untuk melatih kemampuan menulis gw. Setelah setahun berkecimpung dalam dunia blogging, gw belum pernah merasa bosan menulis. Kadang niat dan punya bahan bagus utk ditulis, kadang juga ga niat dan ga punya ide utk nulis apa sehingga tulisan yg gw buat jg asal jadinya. Seringkali, gw menulis karena kebutuhan gw untuk menuangkan apa yg ada dalam pikiran gw ke dalam tulisan. Dan gw ga akan bisa tenang melakukan hal2 lain kalau belum menuliskannya. Kemudian, setelah menulis tersebut, sering pikiran jadi plong dan hati jadi lega. Yeah, that’s what I feel…

Anyhoo, gw berharap bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan passion gw (after graduated) dan bisa meningkatkan writing skill gw, sehingga selain bekerja di perusahan multinasional seperti yg gw inginkan saat ini gw juga tetap bisa melakukan satu hal yang memang sudah pasti adalah passion gw, yaitu menulis. Sooo… even though I still have to learn a loooot in writing, do you think I’m good at writing? Do you like my writing? Just tell me the truth, even criticize me if necessary. I just need to find my passion, kan kata Nugie, “tidak ada kata terlambat untuk menuruti kata hati”.🙂


LENTERA JIWA
by : Nugie

Lama sudah kumencari apa yang hendak kulakukan
Segala titik kujelajahi, tiada satupun kumengerti
Tersesatkah aku di samudra hidupku?

Kata-kata yang kubaca terkadang tak mudah kucerna
Bunga-bunga dan rerumputan, bilakah kau tahu jawabnya?
Inikah jalanku? Inikah takdirku?

Kubiarkan kumengikuti suara dalam hati
yang slalu membunyikan cinta
Kupercaya dan kuyakini murninya nurani menjadi penunjuk jalanku
Lentera jiwaku

Leave a Reply

