OUTLIERS

Outliers. Apa itu outliers? Menurut Malcolm Gladwell, penulis buku ini, outliers adalah orang-orang yang pencapaian kesuksesannya di luar jangkauan normal, mengikuti logika yang aneh dan tak terduga. Nah, Malcolm Gladwell mengungkapkan apa yg melatarbelakangi kesuksesan para outliers itu. Mulai dari Bill Gates hingga The Beatles. Banyak dari kita percaya bahwa kesuksesan mereka diraih dengan cara pure bakat individu dan kerja keras. Well, ternyata ada faktor lain yang lebih mendukung dan jika faktor ini tidak ada, meski ada bakat dan kerja keras, kesuksesan tidak akan diraih. Apa itu? Faktor tersebut adalah lingkungan dan kesempatan.

Bill Gates adalah salah satu contoh outlier. Dia tidak akan menjadi sukses seperti saat ini jika tidak dilahirkan di lingkungan keluarga yang kaya yang mampu membiayai ia untuk sekolah di Lakeside. Ia juga tidak akan sesukses sekarang jika tidak dilahirkan pada tahun 1955. Lingkungan yang mendukung, kesempatan2 yang ia peroleh, serta latihan minimal sebanyak 10.000 jam, membuat ia sukses seperti saat ini. Malcolm Gladwell dengan apik mengungkapkan fakta-fakta dalam bentuk angka, membanding2kan serta melihat kesamaan2 unik antara outlier yang satu dengan outlier yang lainnya. Kenyataan yang tersembunyi di balik kesuksesan mereka bisa membuat kita semua tercengang.

Selain itu, Malcolm Gladwell juga mengungkapkan betapa warisan budaya suatu negara bisa sangat mempengaruhi kesuksesan warga yang tinggal di negara itu. Kenapa bangsa Asia sangat pintar dalam matematika? Ternyata karena sejak jaman dahulu, bangsa Asia mayoritas adalah para petani padi. Apa hubungannya antara bertani padi dan pintar matematika? Jawabannya bisa Anda peroleh di buku ini. Lalu, kenapa dahulu pesawat-pesawat terbang yang diterbangkan oleh pilot2 Korea sering mengalami kecelakaan? Percaya atau tidak percaya, hal tersebut disebabkan oleh kebudayaan bangsa Korea yang sangat melekat di tiap diri pribadi orang Korea.

Macam2 kesempatan yang diraih oleh orang-orang seperti Bill Gates, bagaimana orang Asia bisa sangat pintar di Matematika dan tidak pantang menyerah, bagaimana imigran Yahudi bisa meraih kesuksesan di Amerika, bagaimana Korean Air bisa mengurangi tingkat kecelakaan pesawat secara drastis, semua itu bisa kita ketahui dari buku OUTLIERS ini. Dunia para outliers – budaya, generasi, dan sejarah keluarga – memberikan berbagai kesempatan yang paling hebat kepada mereka. Saya sangat anjurkan semua orang untuk membaca buku ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s