Uniquely Balikpapan

Banyak orang salah kira. Masih banyak orang mengira bahwa ibukota kalimantan timur adalah balikpapan, bukan samarinda. Padahal, yg sebenarnya adalah sebaliknya. Ibukota kaltim itu ya samarinda. Kenapa begitu? Karena di balikpapan ada bandara Sepinggan. Di samarinda ada juga bandara sih, tapi hanya untuk penerbangan2 perintis saja. Jadi, kalo mau ke samarinda, ya harus ke balikpapan dulu. Lalu, selain ada bandara, balikpapan juga terletak di pinggir laut. Otomatis, karena ada pelabuhan itu, balikpapan pasti jadi pusat masuknya kapal2 besar dan perdagangan kan.. Ada lagi kenapanya. Balikpapan itu lebih tertata kotanya, dibandingkan dengan Samarinda yg masih kurang tertata menurut saya, tata kotanya. Satu lagi, balikpapan jelas lebih terkenal karena banyak O&G company berpusat di sana, seperti Chevron, TOTAL, Pertamina, Schlumberger, Halliburton, dll. That’s why gw awalnya ngarep banget dapet penempatan di balikpapan.

Yesterday was the second time gw menginjakkan kaki di balikpapan. Daripada gw mati gaya di Samarinda selama weekend, gw memutuskan (atau lebih tepatnya merengek2) utk ikut sama temen gw, kita sebut saja dgn nama Si Toki, yg niat bgt sampe nyewa mobil utk menemui kakaknya. Ada dua hal unik di sana yg gw temukan. Satu, angkutan umumnya. Sama seperti Samarinda, angkot di Balikpapan juga disebut sebagai ‘taksi’. Cuma bedanya dengan taksi di Samarinda, angkot ‘taksi’ di Balikpapan memiliki deretan kursi yang menghadap ke depan (gak ke samping seperti layaknya angkot2 umum di kota lainnya). Yang kedua, soal jalanannya. Ada seorang foreman berkata kepada kami bahwa menyetir paling enak se-Indonesia adalah menyetir di Balikpapan. Dan benar saja, menurut gw dan si Toki, memang paling enak nyetir di Balikpapan, selain karena jalannya tertata rapi dan lebar, jalanannya tuh luruuuuuss doang. Mau ke penangkaran buaya tinggal mengikuti jalan utama yg lurus itu. Lalu, kalau mau beli oleh2 seperti batu2an dan batik kalimantan di Kebun Sayur, tinggal ke arah sebaliknya dan mengikuti jalan utama yang tinggal luruuuus aja, gak belok-belok. Sampe2, karena jalannya yang lurus doang itu, kami menamakannya sebagai Jalan Hanifah, karena Hanifah, which is my name (hehehehe..) itu dalam bahasa Arab memang memiliki arti “yang lurus”, hahahaha…

Tinggal di Balikpapan mungkin lebih mahal daripada tinggal di Samarinda. Tapi, mungkin gw lebih memilih utk tinggal di Balikpapan, karena di sana mall-mall-nya lebih layak disebut sebagai mall, daripada mall-mall di Samarinda. Selain itu, angkutan umum di sana lebih mudah, daripada di sini. Di sana juga ada banyak bioskop (di Samarinda cuma ada 1 bioskop 21, bukan XXI, dengan film2 yg tidak update) yg memutar film2 yg cukup update. Speaking of, gw udah absen nonton di bioskop for 2 months!!!

Untuk urusan oleh-oleh, kalau lagi di Balikpapan, bisa pergi ke daerah Kebun Sayur. Kalau di Samarinda, bisa ke Citra Niaga. Di kedua tempat itu, dijual bermacam-macam kalung dan gelang2 dari batu, kalung Dayak, dan juga kain2 batik khas Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Untung saja kami menyempatkan diri ke Kebun Sayur sebelum ke Samarinda, dan berhasil membawa pulang 3 lembar kain batik KalTim, 2 buah kalung dan 4 buah gelang dari batu2an. Well, nanti pasti gw akan niat cari lagi, sebelum pulang ke Jakarta bulan depan, hohoho… (dasar cewek…).

kalung & gelang batu2an khas Kalimantan

Motif batik khas Kaltim

Menurut gw, kalau baru cuma ke Balikpapan doang, jangan sebut bahwa kalian sudah pernah ke Kalimantan Timur kalau belum melintasi jalur lintas Balikpapan-Samarinda. This is the most favourite part of mine kalau pergi ke Balikpapan dari Samarinda, atau sebaliknya. Selama perjalanan menuju Samarinda dari Balikpapan, kami disuguhi oleh pemandangan hutan di sisi kanan dan kiri kami. Subhanallah 33 kali deh. Beda banget dibandingkan dengan perjalanan luar kota di pulau Jawa. Asli, mata gw jadi seger banget liat yg ijo-ijo. Jalanannya berbelok-belok & naik-turun seru, dengan pepohonan2 tinggi di hutan kanan-kiri kami, dan lancaaaaar bgt jalannya. Pemandangan mulai bagus banget setelah melewati Resto Tahu Sumedang di Km 50. (Eitss,, jangan kaget yaaa… Gw juga heran, masa jauh-jauh ke Kalimantan, kami diberi rekomendasi kuliner oleh orang2 HO utk singgah di Resto Tahu Sumedang di Kalimantan! Ahahahaha,, lucu banget… ). Yang lucunya lagi, kalian akan menemukan plang-plang tulisan unik selama di jalan, seperti “Awas Hewan Liar”, “Awas Pohon Tumbang”, “Awas Kebakaran Hutan” lah, dan lain-lain. Next time melewati jalan itu lagi, gw mau foto-foto. Kalau perlu di depan tulisan “Bukit Soeharto” juga, hehe…

Resto Tahu Sumedang di Kalimantan

Okay, now I’ll recommend two seafood restaurants in Balikpapan that you might try. Kalian bisa ke restoran Kenari atau juga ke The Ocean’s (letaknya di pinggir laut, nice view pokoknya) dimana kalian akan menemukan udang galah segede gaban… hahahaha,, puas, puas deh ngabisinnya…

7 thoughts on “Uniquely Balikpapan

  1. Aaaaaaaaaa,,, coong, pengen nostalgiaa ksanaa…
    Deskripsi loe ttg balikpapan jelas tergambar d kepala tia…
    Secara hiburan satu-satuny orang bontang klo mau shopping pasti k bppn..
    Ayoo cong, jalan2 k bontang, lebih deket kok drpd bppn, cuman 2 jam..
    Gak sabar pengen denger crita dan penilaian loe ttg bontang..

  2. hahahaha… gw jg pengen bgt mampir ke bontang, Tii.. tp entah siapa yg mau ngangkut gw ksanaa.. hehehe….

    yg pasti gw bakal kangenin dari kalimantan pasti jalan lintas balikpapan-samarinda itu tuh… hehehehe

  3. Wahaha, di Timika juga namanya taksi geek, kursinya ke depan jg. Cuma disini kgk ada bioskop. Jadi pengen pindah kesana, kayaknya lebih beradab, lagipula satu2nya dari 5 pulau besar yang blon gw singgahi tinggal kalimantan. ha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s