Bike to Mandiangin & Barito

Just knew that Banjarmasin people love biking. Every weekend, Saturday and Sunday, you’ll see many people do biking, baik perorangan maupun berkelompok, di jalan2 baik dalam kota maupun luar kota. And luckily, gw dapet pinjaman sepeda dari salah seorang teman mekanik sehingga gw bisa ikutan acara “nggowes” sepeda TUSRA pada hari Minggu 14 november yg lalu. Hmm, gw terakhir naik sepeda kira2 kelas 2 SMA (No, I’m not kidding!), so i became so excited about the invitation since i used to like biking very much and i finally got cool activity to do on weekend. Tapiii,, dapet pinjaman sepeda aja gak cukup dong. Belum helm sepedanya, belum sarung tangannya. But luckily again, gw dapet pinjaman helm sepeda dan sarung tangan, hehe.. (Jadi apa yg gak gw pinjem? Baju n kacamata doang sepertinya… :p).

Medan yg dipilih utk bersepeda hari Minggu itu amat sangat menantang (well, apalagi utk ukuran newbie kayak gue), yaitu Mandiangin. Persepsi2 awal gw sebelum mulai sepedaan:

– Persepsi 1 : Jalannya pasti beraspal, kalaupun ga rata minimal berbatu lah.
– Persepsi 2 : Paling tantangannya cuma naik turun. Stamina and nafas gw pasti kuat. Meski gw udah sebulanan gak lari, tp gw kan dulu biasa lari 30 menit, bahkan pernah lari sampe 16 putaran. Jadi, gw yakin bs ngatur nafas dgn baik.
– Persepsi 3 : Pasti udara bakal panas banget deh. Siap2 menghitam.
– Persepsi 4 : Tanpa ribet2 atur gigi sepeda, gw yakin bisa bersepeda dgn lancar.

Nahhh,, apakah persepsi gw itu ada yg salah atau ada yg benar?
– Persepsi 1 : SALAH total! Jalanan tanah merah. Berbatu. Naik-turun alias fluktuatif banget. Berlumpur. Becek juga ada.
– Persepsi 2 : SALAH total! Seperti yg telah dijelaskan dgn kondisi jalan di atas, stamina bener2 terkuras. Gw beberapa kali jatuh. Sekali jatuh beneran sampe lecet lutut (hahahah,, memalukan… untung saksi mata cuma satu orang, yaitu Pak Made yg super baik, meskipun beliau tertawa pas gw jatuh). Melihat gw kewalahan, Pak Made bersedia menukarkan sepedanya dgn sepeda yg gw pake. Wah, baik bener dah, sepeda dia jelas2 lebih bagus, sampe gigi 9 gitu, jadi enteng, heheh… Dan beliau jg dgn setia nemenin gw di belakang, beri instruksi ganti2 gigi.
– Persepsi 3 : BENER! Gw udah bawa sun block sih, tapi males gw pake. Gw cuma pake kacamata hitam supaya gak silau.
– Persepsi 4 : SALAH total! Benga, karena gw msh kurang paham dgn ganti2 gigi, makanya gw sampe jatuh. Sekali lagi, untung ada Pak Made.

Secara keseluruhan, it was totally FUN and tiring of course. Kepala pusing krn kena panas, yes. Seluruh badan pegel2, yes. Sepeda jd kotor, yes. Sepatu n celana jg kotor, yes. Total perjalanan 17 Km. But I loved it.

That’s why I said “yes” for the second invitation for biking again last Saturday, 20 November. Kali ini inisiatornya adalah sang GM area dan tujuannya ke Jembatan Barito, jadi jalanan paling enggak beraspal, cuma ya lebih jauh. Peserta lebih sedikit, cuma berenam. Dan gw cewek sendiri. Alhasil, sementara para lelaki bersepeda dgn kecepatan mendekati kecepatan cahaya jauuuuh di depan, gw dgn kecepatan hampir sama dgn tukang becak menjadi tertinggal di belakang. Lagi2 bersama Pak Made yg setia menemani gw (padahal beliau bisa aja ngebut juga). Yg penting stabil dan kuat sampai tujuan, itu prinsip gw dalam bersepeda, hehe. Sampe jembatan barito? Ya foto2 dan istirahat. Berharap bisa nebeng mobil orang balik ke banjarmasin, tp ga mungkin. Untungnya perjalanan pulang terasa lebih cepat (kenapa yaa?). Di tengah perjalanan kami jg papasan dgn sekelompok bikers entah dari mana, menuju Banjarmasin. Total perjalanan 43 km (hehe..).

Ya, sama seperti olahraga2 lainnya, bersepeda bikin badan kita segar. Tapi, tentu perlu persiapan yg benar2 baik sebelum bersepeda. Here are the tips:

1. Pastikan sepeda dalam keadaan baik. Jangan pilih sepeda sembarangan. Pilih minimal dengan spec seperti ini : rem cakram, minimal shock breaker di bagian depan, memiliki minimal 7 gigi yg harus berfungsi dgn baik (kalo rusak mah mending ga usah sepedaan).

2. Pompa ban dgn tekanan secukupnya, beri cairan khusus antikarat di seluruh bagian rantai sepeda, pastikan jok sepeda tidak terlalu tinggi dan jg tidak terlalu rendah (ketika mengayuh, kaki jgn terlalu menekuk).

3. Gunakan helm sepeda (yg tidak kekecilan tentunya, haha), sarung tangan (supaya telapak tangan tidak sakit), dan kacamata hitam (lebih gaya itu pasti, hahaha, tapi yg jelas sgt berguna mencegah silau matahari).

4. Pakai lah celana khusus bersepeda, karena mengandung busa. Gw baru tau setelah sepedaan pertama kemarin. Yah taulah efeknya gimana kalau sepedaan tanpa celana khusus selama berjam2. Jalan jadi agak susah, ahahahaha…

5. To protect your skin from sun heat, if you use short sleeve t-shirt, gunakan manset tambahan. Pakai juga sun block yah… Jangan males kayak gua, alhasil muka gw belang lagi dah sekarang.

6. Siapkan botol berisi air minum! Air putih atau air isotonik, tergantung selera. Kalau pake botol aqua plastik gitu, siapin pengganjal or semacam tali or karet biar ga jatuh2 dari tempat nempelnya di frame sepeda. Kalau mau lebih enak, gunakan tempat minum yang berbentuk seperti ransel, ada sambungan selangnya ke bagian depan tubuh sehingga bisa diminum setiap saat.

7. Selain air, sedia juga hansaplast. Gw gak kepikiran waktu pertama, untung Pak Made (God bless Pak Made) menawarkan hansaplast pas gw jatuh n lecet ituπŸ˜€.

8. Saran tambahan, klo pake celana panjang, pakai celana yg ringan dan yg ngepress ke kaki. Contoh seperti legging.

Beristirahat di Jembatan Barito (Ki-Ka : Pak Made - Mas Hanif - Pak Zai - Me)

Di Jembatan Barito (membelakangi sang GM area, hehe)

2 thoughts on “Bike to Mandiangin & Barito

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s