“If he can do his job with smile, why can’t we do too?”

Badannya kecil kurus. Tingginya juga tak seberapa. Dia juga bukan orang yg terkenal dgn tampang yg rupawan. Kerjaannya tiap hari? Mungkin pekerjaannya termasuk pekerjaan yang sering dipandang sebelah mata oleh orang namun sebenarnya memegang peranan yg sangat penting, karena jika tidak ada yang membersihkan lantai dan segala sesuatunya di kantor, apa mungkin aktivitas di kantor bisa berjalan dengan semestinya? Iya, dia ini hanyalah seorang cleaning service di sebuah kantor yang pernah saya singgahi selama 3.5 bulan. Tapi, sungguh saya merasa salut sekali sama dia. Kenapa? Karena tiada hari, tiada kerjaan, yang dia lakukan, tanpa senyuman. Semangatnya dalam bekerja terpancar dalam cengiran lebarnya setiap hari. Padahal yah, kalau kita lihat, kerjaannya cuma bersih2 aja tiap hari. Ngepel lantai lah, bersihin setiap tempat sampah di setiap kolong meja, bersihin toilet karyawan, semua dia kerjakan dengan senyuman. Kadang sambil bersenandung, karena saya lihat ada earphone yang terpasang di kedua telinganya.

Melihat dia bekerja seperti itu, membuat saya berpikir, “Ah, dia saja yg kerjaannya hanya sebagai cleaning service, mungkin dengan gaji tak seberapa, bisa tetep senang2 aja dengan kerjaannya. Sementara saya yang gajinya lebih besar dari dia, kok masih seringan dia yg tersenyum ya? Eh, jangan2 gaji dia lebih gede ya? Hahahahah,, but it’s not the point of course. If he can do his job with smile, why can’t I?” Jarang lho, nemu cleaning service yang bisa sesumringah itu dalam bekerja. Baru kali itu saya nemu yang ajaib kayak dia. Bukan cuma senyum, dia sering banget ngajak saya bercanda dan main ledek-ledekan. Kami seringkali dibuat tertawa oleh tingkah lakunya. Tertawa geleng-geleng kepala sambil nyebut2 “Emen, emen…“. Iya, namanya Emen. Udah tingkahnya unik, eh namanya juga unik banget.

Emen, meski kamu hanyalah seorang cleaning service, tapi kamu sudah saya tetapkan sebagai role model saya. Well, bukan cuma saya. Pernah ada seseorang menyeletuk seperti ini “kalau mau bisa senyum terus, jangan jauh2, coba liat si Emen”. You really are people’s role model. Wish to see you and other people like you again someday.

N.B.: Hwaaaa jadi kangen ama Sangatta….

Leave a Reply

