Dental Care Promise!

That dentist changed my life! Hahahah,, lebayatun.. Tapi memang setelah beberapa minggu lalu gw ke dokter gigi (setelah 7 TAHUN *perlu di-bold & capslock nih* gak k dokter gigi lagi! Mengerikan kesannya, but let’s take it positively, bahwa selama 7 tahun gigi gw sukses sehat gak kenapa2, hingga beberapa minggu lalu itu, he3), gw jd semakin extra perhatian terhadap gigi2 kesayanganku ini.

Jadi, transisi (tsah, lebay lagi) yg terjadi dalam hidup gw itu bermula dari kekagetan gw melihat ada butiran putih lepas dari gigi gw, ketika sikat gigi. Panic attack lah, pake omigot omigot segala. Langsung deh gw mangap2 depan kaca. Dan gw bisa melihat ada semacam lapisan yang terkelupas di bagian luar samping gigi geraham atas gw. What was it? Oh no, langsung deh gw berpikir terburuknya. Gigi gw keropos!! Mati gua! Then I called mas deky, told my anxiety to him, and made him promise to take me to a recommended dentist in the city that weekend, A.S.A.P!! But awhile after the call, baru kepikiran, ow mungkin itu cuma tambalan lepas, Hanifah! Tapi masa tambalan posisiny aneh gitu? Lupa jg gw. I just pushed myself to calm down… Fiuuuhhh…

Next day nya, gw ngerasa ubun2 kepala kiri cenat-cenut-tiap-ada-kamu (ups! Sorry, no SM*SH allowed here!), dan gw dengan lebaynya jg langsung menghubungkannya sbg efek dari gigi bolong gw. Membuat gw berdoa komat kamit semoga gigi gw akan baik2 saja. Baru deh hari besoknya lagi, pas weekend tiba, ke dokter gigi dong gw, sambil harap2 cemas gitu. Udah bingung aj ngomong apa ke dokter gigi, because I don’t know exactly what it was. Dan ternyataaa, pas bu dokter gigi ngeliat pake cermin gigi (did I call it right? Hehehe), lalu memvonis gw bahwa gigi gw ber-ka-rang. Reaksi gw? Gabungan lega dan heran jadi satu. Hah, cuma karang doang? Gw udah mikirny macem2 gituuu.. Sampe gw hubung2in sama migrain segala… Ugh, dudulnya lebaynya gueeee… (So, FYI aja, gw baru tau kalo karang gigi itu ga selalu berwarna hitam, tapi awal2nya memang berwarna putih. Klo udah parah bisa hitam. Yah, maklum saya belum pernah berkarang gigi sebelumnya *membela-diri-itu-tetap-necessary*)

So, that day I declare as the day of my first time’s teeth scaling. Mas deky yg ikut masuk juga boleh aj ketawa n nuduh gw nyikat gigi gak bersih *mata menyipit sewot* (padahal kan dia jg baru di-scaling besar2an bbrp minggu sebelumnya). Tapi boleh dong gw bangga2in diri, selama hampir 25 taon sepanjang perjalanan gigi gw, baru kali ini ada karangnya.. *err gw ngebanggain hal yg bener ga ya? Trus jg kan, gw punya tambalan gigi jg. Tapi kan tambalan lain dari karang gigi. Jadi gpp dong bangga.. :p*

Selain gigi gw jd bersih dr karang, gw jg dapet beberapa wejangan & amnesti dari bu dokter gigi seputar kesehatan gigi (ya masa seputar dunia percintaan..), yaitu :

1. Sikat gigi yang digunakan sebaiknya yang ujungnya meruncing lancip, jangan yang kotak. Reaksi gw : “Sudah, kok dok (to pembaca setia *tsah lagi* : baca “kok” nya yg faseh ya, ntar bisa jadi ko-dok), saya sekarang selalu pake sikat gigi yang ujungnya meruncing” (read: sikat gigi o**l B. Harus disensor, bukan krn takut dikira promosi, tapi karena gw gak dibayar untuk promosi tuh merk, ha3). Tujuannya biar mudah membersihkan gigi hingga sela2nya.

2. Sikat gigi aj gak cukup. Apalagi ada gigi geraham kiri baru tumbuh sungsang (ngadepnya miring ke depan, bkn ke atas! #oh no!) yang buat sisa2 makanan jd betah stay di sela-selanya. Jadi harus rajin2 bersihin jg pake korek kuping (upsss bu dokternya salah sebut #malu tuh diaaa, kekekek), eh tusuk gigi (bhs gaulny kan linggis) maksudnyaaa. Okay, mam, I will!

3. Eits,, taaaapii, dokternya lebih menyarankan pake dental floss atau benang gigi saja, ketimbang tusuk gigi. Karena tusuk gigi bisa memperlebar celah2 gigi. Nah, klo benang gigi, gw mesti beli tuh. I never bought or used it.

How to use dental floss

Jadi, semenjak saat itu, gw bikin dental care promise to myself. Seperti : no more malas-sikat-gigi-malam-karena-mata-udah-lima-watt, no more sikat-gigi-cepat-cepat, dan mau mengurangi frekuensi minum teh. Kenapa teh? Ya sejak gw dibuatin OB kantor teh setiap pagi, gw ngerasa gigi gw yellow-ing deh. Niat mau mutihin gigi ke dokter gigi, tp dilarang ama temen2, karena justru akan mengurangi kekuatan gigi kita (secara lapisan terluar gigi jd terkikis kan, no matter cara pemutihannya). Jadi yg punya gigi kuning mestinya bangga, karena gigi kuning artinya giginya sehat, wkwkwkwkwk.. Tapi kan jd ga pede nyengir, secara gw ga mungkin foto tanpa nyengir. Jadilah gw jg ganti pasta gigi gw dgn pasta gigi yang menggunakan whitening.

Oiya, saran tambahan dr gw, selain yg ujungnya meruncing, sikat gigi jg sebaiknya yg memiliki indikatornya (seperti sikat gigi gw, ga mau sebut merk krn ga dibayar), jadi kita bisa tau kapan harusnya ganti sikat gigi. Katanya sih paling lama 3 bulan mesti ganti sikat gigi (embeeeerrrr….).

Sekian sedikit sharing gigi dari saya. Untuk lebih lengkapnya, bisa hubungi dokter gigi kesayangan Anda. Pokoknya sayangi gigi kita yaaa biar bisa nyengir pede seperti our friendly neighbour di bawah ini…:D

P.S : gw baru mau akan berenti minum teh hari senin besok dong… hahahah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s