Nostalgila SMP

Selama kurang lebih seminggu berada di rumah di Jakarta ini, selain mengembalikan pola makan dan gizi gw, gw juga menemukan benda-benda kenangan yg mengingatkan gw akan masa-masa SMP gw. Benda-benda itu membuat gw tesenyum bahkan ketawa2 sendiri, saking konyolnya. Hal-hal apa saja yg gw lakukan, dan benda2 apa saja yg gw kumpulkan semasa SMP dulu? Mari kita list…

1. Buku Diary
Ketika gw buka laci meja gw, gw menemukan buku diary gw. OMG… anak SMP banget ga sih, nulis pengalaman pribadi dan curhat sama buku. Trus, gak warasnya lagi, buku diary nya dikasih nama pula. Ahahahaha… ababil abis waktu itu gw, kalo dipikir2. Pake bahasa2 anak SMP jaman itu lah. Tapi, ya, gw lihat2, bahasa anak gaul jaman dulu tuh ga se-ALAY jaman sekarang lah. Klo bahasa ALAY jaman sekarang bener2 bikin gw mau muntah dan sakit mata bacanya. Pake huruf gede dan kecil, pake angka juga, bahasa inggris diimutin. Ahhh,, gw tidak se-ALAY itu dulu! Yessss…. hahahah….

2. Novel Alfred Hitchcock (Trio Detektif) dan R.L. Stine
Pernah baca novel misteri Alfred Hitchcock dalam serial Trio Detektif-nya? Salah satu judul buku yg gw punya adalah ‘Misteri Kucing Bengkok’. Awalnya gw ga suka baca novel. Tapi, semenjak gw baca novel Alfred Hitchcock utk pertama kalinya (punya temen SMP waktu itu gw pinjem) dan membuat gw turut tegang dalam membacanya, gw jadi merasa bahwa membaca novel itu menyenangkan. Alhasil, gw ikut koleksi buku Trio Detektif ini, walaupun lebih sering pinjem temen waktu itu, hehe..

Nah, novel lain yg gw senangi juga adalah novel horror karya R.L. Stine. Termasuk banyak lah koleksi gw yg satu ini. Yaaa mungkin selain krn gw memang penggemar film dan cerita horror, tokoh2 dalam novel2 R.L. Stine ini merupakan remaja2 SMA biasanya. Wajar kan kalo anak SMP seperti gw waktu itu suka?

3. Kaset
Yup, masa SMP merupakan masa2 awal gw mengkoleksi kaset lagu2 barat. Kayanya jelas bgt deh, knp gw jadi suka koleksi kaset lagu barat. Hahaha,, tidak lain dan tidak bukan adalah karena kemunculan boyband Westlife waktu itu. Bisa dibilang bahwa gw sewaktu SMP itu tergila2 ama boyband Westlife. Ga cuma kaset, semua majalah dan tabloid yg ada poster atau berita atau pin-up personil Westlife (terutama Shane,, hahahah) pasti gw beli. Jadi, semenjak ada Westlife, gw jadi suka dengerin musik2 barat jaman dulu itu, dan beli kaset2nya juga. Sampe sekarang masih tersimpan rapi kaset2 itu meski sudah tidak digunakan lagi semenjak kalah tenar dari MP3 Player.. hehehe…

4. Address Book
Jaman dulu, ketika HP masih cuma dimiliki oleh bapak2 pengusaha, blom ada yg namanya anak SMA or SMP nenteng2 HP kmana2, maka apa yg dilakukan oleh anak masa itu utk menyimpan nomor2 telepon teman2nya? Yak, saat itulah address book alias buku telepon alias buku alamat berperan besar. Gw tiba2 nemu address book yg gw beli semasa SMP. Ketika gw buka2, gw melihat banyak nama teman2 SMP yg mostly sudah terlupakan oleh gw. Gw memang orang yg memoryless, ingatan jangka pendek. Kalo liat muka pasti inget, tapi klo disuruh inget nama apalagi nama lengkap, wah butuh usaha ekstra buat gw. Melihat setiap nama itu, dan tiba2 mengingat wajah mereka dulu, membuat kenangan2 SMP bersama mereka menjadi sebuah flash back di kepala saya. And it makes me miss them, hohohoh…

5. Buku kumpulan lirik lagu

Jaman itu, gw lagi mulai seneng2nya beli kaset dan juga dengerin lagu2 (terutama musik barat) di radio dan MTV. Karena gw juga senang nyanyi2 mirip anak autis, maka gw mengumpulkan lirik2 lagu kesenangan gw saat itu, yg jg enak2 didengar, dalam sebuah buku. Lirik2 itu gw kumpulkan, ada yg dari internet, ada yg dari tabloid / majalah, dan ada juga (gw baru inget sekarang) dari sebuah siaran di radio dimana penyiarnya akan membacakan alias mendiktekan pelan-pelan lirik lagu kepada para pendengarnya. Kalo ga salah, radionya waktu itu radio SONORA. Koleksi lirik gw termasuk lengkap tuh, sampe2 sering dipinjem oleh teman2 SMP dulu, hehehe…

6. Foto-foto
Setiap ada momen khusus, misal jalan2 studi wisata dll, gw dulu selalu sedia kamera. Jaman dulu kan belum ada tuh yg namanya HP (apalagi HP kamera) serta kamera digital, jadi dulu kamera yg gw bawa2 ke sekolah itu kamera yg masih pake roll film (biasanya gw pake ASA 200 klo ga salah). Nahh,, foto2 masa SMP itu masih tersimpan rapi dalam album2 di dalam lemari gw. Iseng-iseng ga ada kerjaan, gw buka2 tuh foto-fotonya. Muka-mukanya masih jadul, badan juga masih kurus loh..

Benda-benda itu rasanya akan tetap tersimpan, tidak ingin dibuang. Karena benda-benda itu menjadi perwakilan atas kejadian-kejadian masa lampau gw dulu. Yeah, walaupun gw sempat terpikir utk menyumbangkan buku2 or novel2 yg dulu gw beli itu ke perpustakaan aja, biar ga menuh2in tempat. Tapi niat itu tidak terlaksana juga sampe sekarang. Mungkin mereka memang tidak ingin dibuang, hehe… Tapi, ya jelas klo foto ga akan gw buang, lah.

Wherever they are now, they will still become my friends that I’ll always remember πŸ™‚

FLASH BACK…

Baru aja saya kembali dari Balubur dalam rangka beli makan malam. Ketika jalan keluar tadi, saya memperhatikan bahwa malam ini, langit Bandung diramaikan oleh kehadiran bintang. Entah memang bintang malam ini lebih banyak muncul daripada malam-malam sebelumnya atau karena saya selama ini yang memang jarang memperhatikan langit. Tapi, menurut saya, memang wajar saja jika lebih banyak bintang terlihat malam ini, karena akhir2 ini cuaca Bandung cerah sekali. Well, lebih dari sekedar cerah, panas! Karena merasa jarang melihat banyak bintang seperti itu (terutama di Jakarta yang sudah sangat polutif), saya pun berjalan sambil kepala sesekali agak mendongak ke atas. Ketika berjalan sambil melihat bintang itulah, sebuah ingatan flash back masa kecil tiba2 muncul di benak saya. Kejadian flash back itu membuat saya tersenyum kecil sendiri, karena benar2 kejadian konyol.

Jadi, suatu malam, saya yang berumur tidak lebih 7 tahun, mungkin sekitar umur 6 tahunan (saya agak lupa), sedang bermain di luar rumah bersama anak seumuran saya yang bernama Susan. Entah gimana awalnya, tiba2 saya berucap seperti ini :

Saya (Ifa Kecil) : eh, liat deh… bulannya ngikutin aku!!! Tuh, tuh…

Saya pun berjalan dan ketika berjalan melihat bulan bergerak searah dengan gerakan kaki saya. Ketika berhenti, bulan pun ikut berhenti.

Susan : ah, enggak kok (di mata dia saat itu, pastilah bulan tetap bergeming, tidak bergeser sesenti pun mengikuti gerakan kaki saya)

Susan : bulan mah ngikutin aku, bukan kamu!

Susan berjalan sambil menunjuk bulan, membuktikan bahwa saya salah.

Saya (dalam hati) : Mana?? Enggak ngikutin tuh….

Saya dgn ego anak kecil yg ga mau ngalah pun membantah kembali membuktikan bahwa bulan itu ngikutin saya, bukannya ngikutin Susan. Hahahaha… As I remember, I ever asked about that to my father. Dan waktu itu ya, bapak menjawab dgn jawaban logis menurut ilmu pengetahuan, tapi tidak logis menurut otak anak kecil. Beliau bilang, β€œitu karena bulannya letaknya jauh banget, jadi seakan ngikutin gerak kita..”

Lucu ya, pemikiran anak kecil itu. Polos sekali. Yang jelas, sesampainya di kosan, saya langsung segera ke balkon belakang dan menikmati pemandangan langit yang diramaikan oleh kehadiran bintang-bintang dan bulan separuh itu. Memandangi langit seperti ini dengan sesekali diterpa oleh hembusan angin sejuk, benar-benar menenangkan….

Era 90-an, Ingatkah Kalian?

Bermula dari perbincangan heboh yg dilakukan 5 mahasiswa di sebuah kantin setelah makan siang, saya menjadi ingat akan beberapa makanan dan permainan yg jaman SD dulu nge-booming banget. Mari kita list, hal2 apa saja yg disukai jaman kita waktu SD dahulu…. Sebelumnya, saya mohon maaf apabila ada kesalahan tulisan,, hehehe, maklum kan udah lama banget…

1. Makan mie Anak Mas. Ada rasa ayam, ayam bawang, dll. P.S : satu oknum berinisial MVS di antara salah satu kelima mahasiswa itu tidak tau yg namanya Anak Mas (set daaahhh)

anakmas3tp4

2. Mie Remez, mie yg muncul setelah Anak Emas. Gambar kemasannya adalah gambar bungkusan mie yg diremes dengan 2 tangan (ada tangan orang, tangan macan, dan tangan robot).

3. Tazos, yg multifungsi, bisa buat diadu lempar, dilempar, atau dibuat jadi berbagai bentuk. Gw paling suka bikin jadi bentuk bola, hehe..

tazos

4. Gimbot, yg maen tetris. Sampe2 ada usaha rental gimbot keliling, tiap gimbot diikat ama tali rafia, trus kita mainnya jongkok. Gimbotnya ada yg bersuara seperti “Boleh juga lo” (bikin seneng), “Bego lo” (minta dilemparrr).

gimbot2

5. Jagoan Neon. Permen yg klo dimakan bisa bikin lidah jadi berwarna (hijau, biru, merah, ungu, dll).

6. Nonton Ksatria Baja Hitam (diperankan oleh Kotaro Minami), dgn teriakannya yg khas “Belalang tempuuurrr..”

7. Nonton Power Rangers (Go,go, power rangers..). Masih inget kan personilnya? Ada Jason (yg merah), Billy (yg biru), Adam (yg hitam), Trini (yg kuning), Kimberly (yg pink), Tommy (yg hijau). Trus mereka punya robot yg namanya Alpha.

7. Nonton Sailormoon yang “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!”. Gw harap kartun ini diputer ulang. Yg jadi sailormoon namanya Usagi Sukino, punya kucing dgn gambar bulan sabit di kepala yg namanya Luna. Sailor mars namanya Ray, Sailor Merkurius namanya Ami, Sailor Jupiter namanya lupa klo ga salah Makoto ya? Sementara Sailor Venus namanya Minako yg punya kucing mirip Luna juga cuma warnanya putih. Ada juga pangeran bertopeng yg make jas plus jubah putih dan selalu bawa mawar merah.

8. Teko Ajaib. Teko yg bisa ngomong dan mengubah waktu. Nama2 tokoh di kartun ini aneh2 bgt, seperti Putri Syalala, Pangeran Dandan.. hahaha..

9. Nonton Wedding Peach, yg ada 3 cewe superhero yg anehnya pas berantem pake wedding gown. Senjatanya? Bedak dan lipstik! Hahahaha…

10. Nonton Ranma 1/2, ttg manusia yg klo kena air dingin jadi cowok, tapi klo kena air panas jadi cewek (apa kebalik yak??). Punya bapak seekor Panda gede. Aneh bet..

11. Nonton Hercules, yg punya ibu namanya Hera (yg ditayangin di RCTI setiap hari Minggu jam 10 pagi) dan dilanjuti dgn nonton Xena the Warrior Princess (di SCTV setiap Minggu jam 11 siang).

12. Nonton serial2 barat jadul setiap hari di RCTI jam 8 malem, seperti McGyver (khas dgn pisau lipat merahnya), Knight Rider (yg ada mobil bisa ngomong yg namanya Kit), Air Wolf, The A-Team. Ada juga Bay Watch.

13. Nonton acara2 komedi jadul, seperti : Lika Liku Laki Laki (yg maen Komar, Dery, Ginanjar, Eman), Gara Gara (yg maen Jimmy Gideon & Lidia Kandau), Kanan Kiri Oke, Jin & Jun (yg maen Syahrul Gunawan), Tuyul & Mbak Yul (yg maen Ony Syahrial si dubber-nya Shinchan), Jinny oh Jinny (Diana Pungky mulai tenar), Ada-Ada Saja, Si Manis Jembatan Ancol, Panji Manusia Milenium (yg sering diplesetin jadi Panji Manusia Aluminium), Inem si Pelayan Seksi (sering disingkat jadi IPS).

14. Nonton acara kuis jadul, seperti : Kata Berkait (oleh Nico Siahaan), Family 100 (oleh Sony Tulung), Tak Tik Boom, Jari-Jari (oleh Pepeng, “jare jareeeeee”), Apa Ini Apa Itu (oleh Jeffry Waworuntu, tiap Senin-Jum’at jam 12.30 setelah Buletin Siang), Kuis Piramida, Komunikata (oleh Isam Surentu).

12. Nonton acara musik anak2 dimana Agnes Monica mulai terkenal, yaitu “Tralala Trilili”, dengan gerakan tangannya yg khas.

13. Mengidolakan bintang2 cilik seperti : Trio Kwek Kwek, Chikita Meidy (tenar dgn lagu Jari Tangan dan Kampuang Nan Jauah Di Mato), boneka Susan yg bisa ngomong (padahal pake suara perutnya Ria Enes), Bondan Prakoso (si Lumba-lumba, hoy hoy!), Enno Lerian (hits2nya Nyamuk Nakal, Du Di Dam), Saskia & Geofani, Maisy yg centiiiill abisss, Cindy Cenora (yg rambutnya diiket dua kaya antena), Joshua, Sherina.

14. Ngikutin telenovela seperti : Maria Mercedes, Maria Cinta yang Hilang, Esmeralda, Kassandra (sampe djual bando gipsi kassandra gitu, inget kan?), Esperanza, Rosalinda, Marisol, Marimar, Cinta Paulina (yg punya kembaran namanya Paula). Semua telenovela punya kesamaan identik, biasanya si cewek yg miskin ternyata berasal dari keluarga kaya, lalu si cowok punya profesi klo gak pengacara, dokter, atau ga arsitek. Nama2 cowoknya seingatan gua : Fernando Jose, Armando, Fernando del Castillo. Bintang telenovela paling tenar saat itu adalah Thalia dan Gebriela Spanic. But now, telenovela is back. Cek aj tiap Senin-Jumat di Global TV jam 10 pagi, ada Marichuy. Si ceweknya miskin, trus si cowoknya profesi dokter.. hahahaha.. same old story…

Maria Mercedes

Maria Mercedes

15. Selain telenovela dewasa, ada juga telenovela anak2 seperti Amigos (amigos por xiempre), Maria Bellen.

16. Ngapalin RPUL dan RPAL (lupa kepanjanganya, hahahah).

17. Klo ada jalan2 kelas naik bis, trus ketika berhenti di pintu penjaga tol, anak2 akan pada teriak “Xon-C nya mannnaaaa???”

18. Maen karet, bola bekel, masak2an dan orang2an pake kertas (buat yg cewek), main gasing & yoyo (buat yg cowok), main congklak, maen galasin (atau gobak sodor), main demprak, maen halma/ludo/monopoli/ular tangga.

19. Maen petak-petakan, seperti petak umpet, petak jongkok, petak patung. Maen teprok nyamuk, ular naga, induk ayam, benteng (maenan paling bikin berisik se-RT).

18. Maen “Donal Bebek mundur 3 langkah”.

19. Maen “Saya orang miskin, saya orang kaya”. Ga ngerti y, esensi permainan ini. Kata2nya adalah :
Saya orang miskin, saya orang kaya
Saya minta anak, saya minta anak
Namanya siapa, namanya siapa?

20. Maen tebak maling. Jadi ada kertas yg ditulisi “maling”, “polisi”, dan “algojo”. Kita harus nebak siapa yg jadi maling. Kalo bener, malingnya dibunuh ama algojo (serem amat.. hahaha)

21. Film2 pendekar Cina, seperti Judge Bao (ada Inspektur Chen yg ganteng, hehe), Pendekar Harum (pendekar pake jubah biru dan selalu bawa kipas!), White Snake Legend, Return of the Condor Heroes (si Yoko).

22. Pada beli sepeda Wim Cycle (idolaku!), trus gedean dikit pada make sepeda Federal.

23. Nonton serial Keluarga Cemara tiap jam 1 siang, Lupus di Indosiar.

24. Nonton serial2 barat remaja, seperti Buffy The Vampire Slayer, Charmed, Together (di Indosiar nih), Dawson’s Creek (my favourite, tiap Selasa jam 10 malem), USA High.

25. Nonton Si Komo, dgn temannya Si Ulil (Ulat Usil ya?), Si Dompu (Domba Putih), dan Si Piko (Sapi apa y??).

26. Nonton Ngelaba (Ngerumpi Lewat Banyolan) di TPI.

27. Nonton sinetron Jadul : Noktah Merah Perkawinan, Saat Memberi Saat Menerima, Tersanjung (yg sampe ribuan episode), Gerhana, Janjiku (Paramitha Rusady). Banyak sinetron jaman dulu diambil dari novel2 Mira W. yg terkenal.

28. Makan permen karet YOSAN (dimana kita disuruh ngumpulin kelima hurufnya, tapi huruf N itu ntah knapa susah betul didapat, mungkin lupa diproduksi), dan permen Fruitella…

Wahh.. klo di list semua,, panjang bener dah jadinya. Mengingat semua itu, bisa bikin gua senyam-senyum dan ketawa2 sendiri. Anak jaman sekarang kyanya mainannya lebih modern yah.. hehehe…