Belajar Ice Skating (for the very first time of my life)

Selama ini, kalo liat orang maen ice skating, I always wonder how it would feel. Dan dgn sombongnya gw ngerasa bahwa belajar ice skating pasti mudah. I will never ever say that again. It IS hard (for me)! Senin kemaren, gw & beberapa teman ke IP untuk maen ice skating. Hanya bermodalkan 15ribu rupiah saja, kita bisa maen sepuasnya (hanya ketika mulai dari jam 10.00 – 13.00), haha… Jaket, siap. Kaos kaki, siap. Sarung tangan siap juga, tapi sayang sekali Toil lupa ngeluarin dan tas sudah terlanjur masuk locker. And the last, sepatu skate-nya sudah terpasang dgn kencang dan benar. Kami siap meluncuuurr… Well, jangankan meluncur, pas mulai menginjakkan kaki di es, yg terpikirkan adalah ”Wow,, ini beneran es licin yak?? Haha..”. Susah bener menyeimbangkan kaki padahal tangan dua2nya udah pegang pegangan. Setiap kalo mulai jalan sambil pegangan, rasanya selalu akan jatuh. Sementara gw bertekad untuk tidak akan jatuh selama belajar. Sinta dgn sabar mulai ngajarin gw gimana cara menggerakkan kedua kaki agar bisa meluncur tanpa jatuh.

Sinta : Kaki kanan lo agak miringin, trus lo dorong ke belakang, ntar kaki kiri lo maju sendiri. Ntar gantian kaki kiri lo yg ngegerakin. Trus, badan lo condongin ke depan.

Gw (sambil ngeliatin sinta) : Hah? Hah?

Sinta mencotohkannya untuk gw. Wow, keliatannya dy melakukannya dgn mudah sekali. Gw coba berkali2,, ga bisa-bisaaa… Well, udah lumayan ngerti caranya, tapi I know I really have to practice VERY slowly.

Sinta : lepasin tangan lo, cong.

Gw (dalam hati) : are u gonna kill me?? Gila aja, gw udah pasti jatoh klo ngelepas tangan gw.

Entah berapa lama gw cuma ngiterin tuh lapangan sambil pegangan dan berjalan dgn amat sangat pelan seperti bayi sdg belajar jalan (well, lebih mamalukan dari bayi). Ada kali 1 jam. Gw mulai mengerti caranya ketika gw dibimbing Sinta di sisi kiri dan Toil di sisi kanan dan kita bertiga jalan ke tengah lapangan. I know how to do it!! Yeah, finally!! Tapi tetep ga punya nyali untuk ke tengah lapangan sendirian tanpa pegangan apapun. Mulai lancar ketika kita berlima (wow berlima!) bergandengan tangan meluncur bareng2. Ini bener2 sulit, harus fokus. Ketawa dikit aj, ga fokus, bisa ga seimbang badan gw. Apalagi, pas akhirnya gw PeDe mulai ngerasa bisa dan tenang (gak panikan) dan berjalan pelan2 di tengah lapangan, tanpa pegangan. Horeee!!! Bisaaaa!!!

Ini nih buktinya gw bisa sampe tengah lapangan sendiri :

Yeah.. gw sudah bisa!!

Yeah.. gw sudah bisa!!

Kami berenam akhirnya bisa jugaa...

Kami berenam akhirnya bisa jugaa...

Melihat gw udah bisa berjalan di tengah lapangan walaupun masih kagok dan sangat pelan, Sinta langsung comment…

Sinta : Yeah, Cong, tuh lo bisaaaa!!!

Gw langsung gelagapan, ga fokus, dan pasti jatoh klo aj Sinta ga pegangin tangan gw langsung. Haha, bener2 harus FOKUS, sodara2..

Lesson 1 : bawa perlengkapan lengkap seperti kaos kaki, sarung tangan, dan jaket paling penting

Lesson 2 : sebelum gerakkan kaki, mulai dgn berdiri dulu tanpa pegangan dgn tenang, jangan panikan, jangan takut jatoh (kaya gw awalnya). Klo udah tenang, mulai gerakkan kaki sesuai irama (halah, mang mau dansa, mbak?)

Lesson 3 : F-O-K-U-S!! Ini sangat penting!! Fokus terhadap gerakan kaki. Konsentrasi!! Kanan, kiri, kanan, kiri, dst… Well, gw yakin klo dah jago gak perlu capek2 fokus. Tapi ini sgt membantu pas belajar lho.

Lesson 4 : klo udah bisa meluncur dgn benar, walaupun sendiri ataupun pegangan dgn teman, ketika ngerasa tidak seimbang jangan panik, klo panik pasti jatoh. Tapi diamkan kaki, biarkan kaki meluncur dgn sendirinya, sambil mencondongkan badan ke depan. Ntar pasti berhenti sendiri kok. Gw blom tau caranya berhenti dgn menggunakan jeruji di ujung sepatu itu.

Lesson 5 : klo jatoh, berdiri sendiri lah.. haha, pake lutut dulu (saran bagus dari toil), ga usah pake tangan, dingin! Klo capek, ya istirahat lah…

Okay, haha,, next lesson : bagaimana meluncur dgn cepat tanpa ragu, sekaligus belajar jalan mundur dan berputar. Yak, udah kaya niat jadi balerina aja gw. Sangat seru, sebenernya blom puas, masih pengen terus belajar (pengen meluncur dgn cepat gitu, kyanya enak), tapiii kaki ga bisa diajak kompromi lagi ini. Efek samping : kedua kaki dan kedua tangan agak pegel-pegel malamnya, dan setelah melepas sepatu skate, kaki akan terasa sangat enteng. Selamat mencoba!

14 thoughts on “Belajar Ice Skating (for the very first time of my life)

  1. wah mbak enak ada yang ngajarin,baru semalam saya nyoba ice skating,awalnya sama nganggap gampang,pas nyoba sendiri langsung gubrak bangun lagi gubrak bangun lagi gubrak,malah jadi lawak untung sepi hehehehe maaf IP itu mana ya

  2. kayaknya kapok belajar ice skating dah 2 hari pegel2nya belom ilang,tapi masih pengen nyoba walaupun gubrak terus,pokoknya pengen bisa buat oleh2 klo pulang ke indonesia hehehehehe,

Leave a comment